Pameran bertajuk GANGSAR #2 Gugur Gunung ditampilkan para perupa kota Yogyakarta, Sabtu (24/9/2022).
Sumber :
  • tim tvone/nuryanto

Pameran GANGSAR #2 Gugur Gunung Tampilkan Akulturasi Budaya di Yogyakarta

Minggu, 25 September 2022 - 11:08 WIB

Yogyakarta, DIY - Yogyakarta dikenal sebagai pusat budaya Jawa sekaligus tanah yang damai. Selain menjadi miniatur Indonesia, kota ini banyak mempertemukan budaya dari berbagai penjuru nusantara. Pun begitu dalam dunia seni budayanya.

Melekat juga nama Yogyakarta yang dipandang sebagai kota yang bertumbuh bagi ruang-ruang berekspresi dan berkesenian. Meramaikan Festival Kebudayaan DIY 2022, para perupa Kota Jogja menampilkan karyanya dalam pameran bertajuk GANGSAR #2 Gugur Gunung.

Kekhasan akulturasi budaya di setiap sudut Kota Jogja tidak lepas dari visual-visual peradaban seni dari masa ke masa. Inilah yang menjadikan Kota Jogja dikenal sebagai Kota Budaya.

"Kegiatan ini [Pameran Perupa Kota Jogja GANGSAR #2 Gugur Gunung 2022] mampu memberikan ruang ekspresi bagi 75 orang seniman, khususnya seniman Kota Jogja. Kegiatan ini mempunyai harapan bersama-sama gotong royong mempertahankan eksistensi seni rupa di Kota Yogyakarta," jelas Kepala Dinas Kebudayaan Kota Jogja Yetti Martanti, sebagaimana dikutip Minggu (25/9/2022).

Menurutnya, peran para budayawan, seniman, masyarakat serta pemerintah kota telah memberikan kontribusi terhadap lekatnya unsur-unsur budaya di kota ini.

"Pemerintah Kota Jogja melalui Dinas Kebudayaan Kota Jogja tahun 2022 kembali berpartisipasi dalam Festival Kebudayaan DIY yang bertajuk "Merekah Ruah" ungkapnya .

Salah satu bentuk kegiatan yang diselenggarakan yakni Pameran Perupa Kota Jogja bertema GANGSAR #2 Gugur Gunung.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
04:51
03:03
02:36
Viral