Agus Budi Raharja, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul..
Sumber :
  • Tim tvOne - Santosa Suparman

Dua Balita di Bantul Meninggal Akibat Gagal Ginjal Akut, Tim Epidemiologi Lakukan Penyelidikan

Kamis, 20 Oktober 2022 - 22:34 WIB

Bantul, DIY- Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Yogyakarta memberi perhatian khusus dan memberi skala prioritas atas ditemukan kasus meninggalnya dua balita akibat gagal ginjal akut di RSUP Dr Sardjito.

Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Raharja, Kamis ( 20/10/2022) menyampaikan bahwa tim epidemiologi mulai bekerja hari ini. 

“ Saya terkejut mendengar kabar dari RS Dr Sardjito kemarin (Rabu,19/10/2022) sore tentang dua korban dari enam yang meninggal karena gagal ginjal akut berasal dari Bantul. Terlebih lagi keduanya balita berusia kurang dari satu tahun,” ungkap Agus Budi Raharja.

Agus mengakui terhadap kasus tersebut pihaknya sama sekali belum mengetahui. Hanya info yang sekarang dipegang bahwa balita ini berasal dari Kecamatan Piyungan dan Kecamatan Sedayu dengan rentang umur 7 sampai 11 bulan.

Oleh karena itu, Tim epidemiologi  bekerja cepat dengan tujuan untuk mengetahui riwayat kesehatan kedua korban, jenis makanan yang dikonsumsi, latar belakang keluarga, dan maupun penanganan awal kesehatan.

“Ini menjadi prioritas yang nantinya hasil dari temuan tim akan kita sampaikan ke pusat. Karena kasus ini menjadi pertanyaan dan berbeda dengan kasus lainnya. Menyerang balita kurang yang berusia kurang dari setahun,” tandas Agus.

Adapun tim epidemiologi, imbuh Agus, terdiri dari Puskesmas, Dinas Kesehatan, dan juga mahasiswa epidemiologi yang akan dilibatkan untuk melakukan penyelidikan dalam kasus ini.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral