KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat mengisi kuliah umum di UGM. (dok UGM)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

Sambangi UGM, KSAD Dudung Bicara Kriteria Kepemimpinan Strategis

Senin, 24 Oktober 2022 - 17:40 WIB

Sleman, DIY - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan kuliah umum di Balai Senat Universitas Gadjah Mada (UGM). Dalam acara tersebut, Dudung berbicara soal kriteria kepemimpinan strategis.

"Sering saya katakan bahwa pemimpin itu harus berani mengambil keputusan. Kalau keputusan itu benar berarti bagus, kalau salah masih bagus daripada tidak berani sama sekali, itulah pemimpin," kata Jenderal TNI Dudung Abdurachman di depan mahasiswa S2 dan S3 UGM dalam kuliah umum bertajuk Ketahanan Organisasi dalam Kepemimpinan Strategis dan Inovatif, Senin (24/10/2022).

Menurut Dudung, untuk menjadi pemimpin yang berhasil maka harus memiliki imajinasi, inovasi dan kreatifitas, visi dan misi, serta punya cita-cita dan harapan. Jika tidak memiliki itu semua, maka hanya akan menjadi pemimpin yang biasa-biasa saja.

"Ya datar-datar aja, tidak pernah ada perubahan-perubahan yang signifikan yang berdampak pada organisasi maupun anak buahnya," terangnya.

Pemimpin, lanjut Dudung, juga harus memiliki kebutuhan untuk menawarkan sesuatu yang berharga dan keberanian untuk menghadapi tantangan. Seperti mengambil suatu keputusan yang beresiko.

Keputusan yang memiliki resiko itu pernah dilakukan Dudung saat menjabat sebagai Pangdam Jaya. Saat itu ada organisasi yang merasa paling benar dan paling bertakwa di wilayah teritorialnya.

"Bagaimana organisasi yang merasa paling benar sendiri, paling sempurna sendiri, paling beriman sendiri, paling bertakwa sendiri, kemudian nyalahkan orang lain, ini sudah tidak boleh lagi ada di republik ini," tegas Dudung.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral