Peringatan Haul PB XII di Sitihinggil, Keraton Surakarta, Sabtu (12/11/2022).
Sumber :
  • tim tvOne/Effendy Rois

Haul Ke-15 Pakubuwono XII, Gusti Moeng: Layak Mendapatkan Gelar Pahlawan Nasional

Sabtu, 12 November 2022 - 21:32 WIB

Solo, Jawa Tengah - Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta, GKR Wandansari Koes Moertiyah (Gusti Moeng), mengatakan bahwa Sri Susuhunan Pakubuwono XII (PB XII), layak mendapatkan gelar pahlawan nasional oleh negara. 

Menurut Gusti Moeng, selama memimpin kerajaan (Keraton Surakarta), PB XII banyak memberikan sumbangsihnya baik untuk Negara Indonesia maupun dunia. 

“Sejarah mencatat, PB XII, merupakan raja pertama yang menggabungkan wilayah kerajaannya ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar Gusti Moeng di acara peringatan Haul PB XII ke-15 di Sitihinggil, Keraton, Sabtu (12/11/2022). 

Selain itu, dikatakan Gusti Moeng PB XII juga merupakan seorang pejuang yang bersama masyarakat melawan penjajah. 

Atas perjuangannya PB XII mendapat penghargaan Bintang Gerilya angkatan 45.

"Tidak hanya di Republik ini, PB XII  juga banyak menerima penghargaan atas kiprahnya menjaga perdamaian dunia di perang dunia 1 dan 2, juga mendapat anugerah dari perkumpulan agama di dunia sebagai bapak perdamaian dunia," kata Gusti Moeng. 

Dari penghargaan-penghargaan yang telah diterima oleh Sinuhun (PB XII), imbuh Gusti Moeng, pemerintah atau negara seharusnya sudah bisa menetapkan PB XII sebagai pahlawan nasional. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral