Tim Psikologi Biro SDM Polda DIY saat memberikan trauma healing pada korban longsor di Gunungkidul.
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Polda DIY Berikan Trauma Healing Bagi Korban Longsor di Semin Gunungkidul

Rabu, 23 November 2022 - 20:36 WIB

Gunungkidul, DIY - Jajaran Polda DIY melalui Bagian Psikologi Biro SDM turut membantu pemulihan korban tanah longsor di Dusun Blembem, Kalurahan Candirejo, Kapanewon Semin, Gunungkidul, Yogyakarta, Rabu (23/11/2022). 

Kabag Psikologi Biro SDM Polda DIY, Kompol Ary Krisdiantoro, S.Psi., M.Psi., mengatakan, pihaknya bersama tim datang langsung ke warga di dusun Blembem Gunungkidul yang mengalami bencana tanah longsor beberapa hari yang lalu, sebagai upaya trauma healing kepada anak-anak dan juga orang dewasa. 

"Kami ajak anak-anak dan orang dewasa di sini untuk ikut kegiatan trauma healing dengan bermain bersama, kita bagikan mainan anak-anak, serta memberikan hiburan musik, agar sedikitnya dapat menghilangkan trauma atas kejadian longsor kemarin," kata Ary. 

"Ada 26 anak yang berada di lokasi pengungsian," Imbuhnya. 

Tidak hanya itu, Polda DIY juga membawa alat aplikasi yang bernama E-Boss (elektronik burn out and stress scale) untuk mengukur tingkat kejenuhan seseorang. 

"Pada paska bencana ini kami sediakan layanan konseling bagi korban bencana maupun relawan yang datang membantu. Jika angkanya tinggi maka dirinya bersama tim akan melakukan pendampingan," ungkapnya.

Akibat kejadian ini, 2 orang meninggal  tertimbun longsor. Setidaknya ada 5 rumah mengalami rusak berat, dan 89 rumah rusak ringan, dengan kerugian ditaksir mencapai satu milyar rupiah lebih. (Ldhp/Buz) 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral