Haul ke-13 Gus Dur di Yogyakarta, Rabu (28/12/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

Ratusan Santri dan Kyai Ikuti Haul ke-13 Gus Dur di Ponpes Milik Yenny Wahid

Kamis, 29 Desember 2022 - 08:52 WIB

Sleman, DIY - Peringatan hari wafat atau haul ke-13 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) digelar di Pondok Pesantren Programmer Qoryatussalam, di Ngaglik, Sleman, DIY, Rabu malam (28/12/2022). Ponpes ini merupakan milik putri kedua Gus Dur, Zannuba Arrifah Chafsoh atau Yenny Wahid.

Haul diikuti ratusan santri dan kyai dari sejumlah pondok pesantren di Yogyakarta. Mereka datang untuk ikut mendoakan almarhum Gus Dur yang wafat pada 30 Desember 2009 silam.

Penanggung jawab acara Iton Murdiyanto mengatakan haul Gus Dur selalu digelar setiap tahun di Yogyakarta.

"Biasanya di Ciganjur, Yogyakarta, kemudian (ponpes) Tebu Ireng dilakukan di hari yang sama cuma pada tahun ini kita melakukan baru pada tanggal ini dan kesempatan malam hari ini," kata Iton.

Dijelaskan Iton, acara haul Gus Dur kali ini memang lebih spesial dibanding sebelum-sebelumnya. Salah satunya karena bersamaan dengan Akhirussanah atau wisuda santri dari Ponpes Programmer Qoryatussalam.

"Yang spesial nomor dua kita pada malam hari ini mengumpulkan seluruh qori nasional yang tergabung dalam Markas Qur'an Qoryatussalam yang menampilkan tilawah-tilawah kelas nasional maupun internasional," terangnya.

Selain itu, haul ke-13 Gus Dur kali ini juga berbeda karena lebih mengakomodir keinginan para santri dari kyai-kyai di kampung. Mereka ingin terlibat langsung dalam haul Gus Dur.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral