Suasana kampung Wijilan sentra kuliner Gudeg Yogyakarta, Jumat (30/12/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Menimati Kuliner Khas Yogyakarta, Wisatawan Padati Kawasan Gudeg Wijilan

Sabtu, 31 Desember 2022 - 09:03 WIB

Yogyakarta, DIY - Kampung Wijilan yang menjadi sentra kuliner khas Gudeg Yogyakarta kembali dipadati wisatawan. Sejak libur Nataru, omzet penjualan Gudeg Wijilan, meningkat hingga 50 persen dibanding hari biasanya.

Kampung Wijilan yang terletak tidak jauh dari Alun-Alun Utara Yogyakarta, memang lekat dikenal sebagai sentra kuliner gudeg karena di kawasan ini menjadi pusat produksi gudeg, dan di sepanjang jalan berjejer para penjual gudeg.

Gudeg merupakan kuliner turun temurun yang dibuat dari nangka muda yang dimasak berjam-jam, yang biasanya disajikan bersama nasi, kuah santan kental atau disebut areh, dengan berbagai lauk sesuai selera seperti daging ayam kampung, telur, tempe tahu, dan sambal goreng krecek.

Menurut salah satu penjual, Wulan, setiap musim liburan seperti saat Nataru seperti sekarang, tingkat kunjungan wisatawan kulinet semakin padat. Biasanya menjelang siang atau sore hingga malam.

"Ya. Ada peningkatan penjualan, sejak awal liburan kemarin Natal dan sekarang jelang tahun baru juga ramai. Peningkatan mencapai 50 persen dibanding hari biasa," jelas Wulan.

Foto: Kuliner gudeg khas Yogyakarta. (Nuryanto)

Wulan menambahkan jika pengunjung di Kampung Wijilan sebagian dari luar kota, mulai dari Jakarta, Bandung atau Semarang hingga luar Jawa. Menurutnya, Gudeg kering masih menjadi primadona bagi wisatawan saat ini. Selain itu banyak pesanan gudeg kaleng untuk dibawa pulang.

"Paling laris Gudeg Kering dan Kaleng mas. Yang datang banyaknya dari luar kota bahkan luar Jawa," terangnya

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral