Bank Indonesia.
Sumber :
  • Tim tvOne/Abdul Gani Siregar

Bank Indonesia Memutuskan Pertahankan Suku Bunga Acuan 5,75 Persen

Kamis, 16 Februari 2023 - 18:50 WIB

Jakarta - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia Bulan Februari memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DDR) sebesar 5,75 persen, dengan suku bunga Deposit Facility sebesar 5,00 persen, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,50 persen.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengatakan keputusan ini akan konsisten dengan pendirian kebijakan moneter pre-emptive dan forward looking untuk memastikan terus berlanjutnya penurunan ekspektasi inflasi dan inflasi ke depan.

“Bank Indonesia meyakini bahwa BI7DRR sebesar 5,75 persen memadai untuk memastikan inflasi inti tetap berada dalam kisaran 3,01 persen pada semester I 2023, dan inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) kembali ke dalam sasaran 3,01persen pada semester II 2023,” jelas dia, di Kantor Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023).

Kebijakan stabilitas nilai tukar Rupiah ini untuk mengendalikan inflasi barang impor (imported inflation) diperkuat dengan pengelolaan devisa hasil ekspor melalui implementasi operasi moneter valas Devisa Hasil Ekspor (DHE) sesuai mekanisme pasar.

Untuk itu, Bank Indonesia terus melakukan koordinasi kebijakan dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan mitra strategis juga harus diperkuat.

“Dalam kaitan ini, koordinasi dalam Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID) terus dilanjutkan melalui penguatan program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di berbagai daerah,” tuturnya.

“Sinergi kebijakan antara Bank Indonesia dengan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) terus diperkuat dalam rangka menjaga stabilitas makro-ekonomi dan sektor keuangan, mendorong kredit atau pembiayaan kepada dunia usaha khususnya pada sektor-sektor prioritas untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan ekspor, serta meningkatkan ekonomi dan keuangan inklusif dan hijau,” pungkasnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral