Sosialisasi Pedoman Umum Governansi Korporat Indonesia dan Penyelenggaraan Annual Report Award 2022, di Jakarta..
Sumber :
  • Dok. Menko Perekonomian

Kemenko Perekonomian Menyatakan Tata Kelola Korporasi yang Baik Dapat Hadapi Tantangan Perekonomian Global

Kamis, 23 Februari 2023 - 13:19 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, mengatakan tata kelola koporasi yang baik salah satu cara menghadapi tantangan perekonomian global.

Dia menyebutkan bahwa peran dan fungsi Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG) menjadi sangat penting dalam mendorong penerapan tata kelola korporasi yang baik, sebagai pilar utama dalam menjaga resiliensi ekonomi di tengah tantangan dan ketidakpastian global.

"Kemenko Perekonomian mendukung sepenuhnya peran penting dan pelaksanaan tugas KNKG, diantaranya melalui penerbitan Keputusan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Kepmenko) Nomor 44 Tahun 2021 yang memperbarui mandat KNKG selaku komite yang bertanggung jawab atas pengembangan penerapan tata kelola sektor publik dan korporasi di Indonesia," jelasnya, pada Sosialisasi Pedoman Umum Governansi Korporat Indonesia dan Penyelenggaraan Annual Report Award 2022, di Jakarta, dikutip Kamis (23/2/2023).

Oleh karena itu pemerintah mendukung terobosan yang dilakukan KNKG, terutama dalam melakukan penyusunan, penyempurnaan, penerbitan, dan sosialisasi berbagai Pedoman Umum Governansi (PUG)

Mulai dari sektor publik (PUG-SPI), sektor korporasi (PUG-KI), sektor Koperasi (PUG-KOPIN), Organisasi Nirlaba Indonesia (PUG-ONI), Bisnis Milik Keluarga Indonesia (PUG-BMKI) dan berbagai buku pedoman lainnya yang menyangkut good governance dan etika bisnis.

"Pemutakhiran pedoman ini dilakukan agar selaras dengan perkembangan dan praktik governansi korporasi berstandar global, khususnya bagi korporasi yang terdaftar di pasar modal dan mengelola dana masyarakat, guna melindungi kepentingan dan memenuhi harapan seluruh pemangku kepentingan," tuturnya.

Berbagai penguatan kriteria penilaian di bidang tata kelola korporasi mulai dilakukan, di mana PUG-KI yang baru akan menjadi titik tolak penyempurnaan kriteria penilaian Annual Report Award (ARA) 2022.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
10:31
01:01
30:44
21:02
02:21
04:56
Viral