Sejumlah pengusaha tekstil dari negeri China menggelar pertemuan dengan Direktur promosi wilayah Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah dan Afrika dari Kementerian investasi/BKPM, Cahyo Purnomo..
Sumber :
  • Istimewa

Cahyo Purnomo: Pemerintah Dorong Kerja Sama Pengusaha Tekstil dan Pakaian Jadi Indonesia-China

Kamis, 25 Mei 2023 - 20:37 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Dihari kedua gelaran China Trade Fair Indonesia 2023 yang digelar di JIEXPO Kemayoran Jakarta, sejumlah pengusaha termasuk pengusaha tekstil dari negeri tirai bambu menggelar pertemuan bersama dengan Direktur promosi wilayah Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah dan Afrika dari Kementerian investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Cahyo Purnomo.

Usai menggelar pertemuan selama kurang lebih satu jam yang juga dihadiri perwakilan perusahaan tekstil Pan Brother serta Bank of China, Cahyo Purnomo yang menjabat sebagai direktur investasi dan promosi pameran menyatakan bahwa pemerintah Indonesia akan lebih mendorong kerja sama yang lebih erat diantara pengusaha kedua negara terutama pengusaha tekstil dan pakaian jadi.

"Potensi kerja sama diantara kedua negara akan terus kami dorong, seperti misalnya pemerintah akan meyakinkan investor China agar mereka bisa terus memperluas ekspansi usaha di Indonesia. Begitu juga sebaliknya Indonesia bagi China akan dijadikan basis produksi, dimana nantinya pabrik China akan berdiri di Indonesia dan bisa menjual barangnya di Indonesia sekaligus dieksport keluar negeri," papar Cahyo Purnomo pada Kamis (25/5).

Saat disinggung apakah nantinya pengusaha Indonesia bisa kalah bersaing dengan pengusaha China mengingat berbagai produk yang dihasilkan negeri tirai bambu tersebut rata-rata jauh lebih murah dari produk Indonesia, Cahyo menandaskan bahwa jumlah investasi negara lain di Indonesia telah diatur sedemikian rupa.

"Jika investor dari negara lain termasuk China ingin berusaha di Indonesia, pemerintah telah menetapkan nilai investasinya untuk dibatasi. Nilai investasi yang diperbolehkan saat ini adalah maksimal sebesar 10 miliar rupiah diluar tanah dan bangunan," tegas Cahyo menambahkan.

Dibatasinya nilai investasi tambah Cahyo sangatlah penting agar pengusaha dari luar negeri tidak bersaing secara langsung dengan pengusaha kecil dan menengah. Jika investor dari luar negeri memenuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan pengusaha dari luar bisa menghasilkan produk yang baik, berdaya saing atau terjangkau, maka ini menjadi nilai tambah bagi konsumen Indonesia untuk memilih beragam produk yang diinginkan.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Larissa Zhou selaku General Manager Meorient international exhibition Indonesia menyatakan bahwa sebagai negara besar, Indonesia memiliki potensi pasar yang sangat besar. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:21
02:44
09:37
02:52
04:28
07:37
Viral