Warga di Pulau Mandangin, Madura maksimalkan potensi ekonomi lokal dengan mengikuti Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).
Sumber :
  • HCML

Geliat Ekonomi Lokal di Pulau Mandangin: Dari Nelayan, Kuliner hingga Bengkel Motor!

Minggu, 5 November 2023 - 17:58 WIB

Sampang, tvOnenews.comBukhori Muslim duduk di bale di muka bedeng semi permanen seluas 3x3 meter berangka bambu berdinding triplek yang menyatu dengan bagian belakang rumahnya di Pulau Mandangin, Sampang. Madura.

Ada lima motor bebek terparkir di bagian dalam bengkel, satu motor mesinnya tampak terburai, menyisakan rangka dan kabel kabel. Ia menghela nafas, menyeruput kopi, menghisap rokoknya dan menghembuskan ke udara. Ia bicara bahasa Madura dengan pemilik motor sesaat lalu kembali duduk di bale bambu.

Saat dikunjungi tvOnenews.com, Bukhori Muslim tengah bersiap makan siang di rumahnya. "Enak begini Mas, saya tak perlu ke mana mana lagi," ujarnya tentang pekerjaan barunya.

Bukhori memang lebih tenang saat ini. Ia tak perlu memikirkan merawat perahu, mencari solar,  memikirkan gelombang tinggi, atau  pusing dengan masa paceklik ikan yang kerap datang.

Ia kini sudah memiliki penghasilan tetap, meski diakuinya belum stabil. Namun, ia yakin ke depan, potensi usahanya akan tetap cerah. 


Ada 25 ribu warga yang tinggal di tiga dusun di Pulau Mandangin. Jika satu keluarga memiliki satu motor saja, ada ribuan motor yang bisa ia garap. "Padahal di sini satu keluarga bisa punya lebih dari satu motor," ujar Muslim dengan akses Madura kental. 

Adapun pembekalan keterampilan mekanik kepada sejumlah pemuda Desa Mandangin mampu meningkatkan tambahan pendapatan di luar hasil nelayan.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral