Pedagang dan Pembeli di Pasar Kronong, Probolinggo, Jawa Timur.
Sumber :
  • Syahwan Kamahina

Jelang Nataru Harga Pangan Meroket, Cabai Rawit Merah di Probolinggo Hampir Tembus 50 Ribu per Kilogram

Jumat, 3 Desember 2021 - 08:30 WIB

Probolinggo, Jawa Timur - Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) beberapa harga bahan pangan meroket. Harga satu kilogram cabai rawit merah bahkan hampir menembus Rp50 ribu. Seperti yang terjadi di Pasar Kronong Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. 

Salah satu pedagang sayur, Misti (53), mengungkapkan beberapa bahan pangan ini mengalami kenaikan sejak 4 hari yang lalu. Bahan pangan yang dimaksud adalah kentang, cabai rawit merah, tomat, dan cabai merah besar.

"Kentang mulai naik harganya, menjadi Rp9 ribu. Ada juga tomat. Tomat yang besar itu sekarang Rp12 ribu sampai Rp15 ribu," ujarnya saat ditemui di Pasar Kronong, Jumat (3/12/2021). 

Tomat besar, menurut Misti, sudah mengalami kenaikan sejak seminggu yang lalu. Harga tomat memang belum stabil karena pernah turun tetapi harganya naik kembali.

Untuk cabai rawit merah sendiri mengalami kenaikan drastis sejak 4 hari yang lalu. Harga cabai rawit pernah berada di harga terendah Rp12 ribu pada dua bulan terakhir. Namun setelah itu harga cabai rawit terus naik dan puncaknya 4 hari terakhir.

"Cabai rawit merah itu naik drastis. Dari Rp12 ribu per kilonya, hari ini harganya Rp48 ribu per kilonya," terangnya. 

Namun demikian Misti menyatakan, bahwa ada satu bahan yang harganya mengalami penurunan. Bawang merah di Pasar Kronong saat ini dijual di pasar seharga Rp15 ribu per kilo, sementara harga bawang putih stabil ada di angka Rp22 ribu/kg. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral