Rian Zuriati, salah seorang pelaku UMK keripik jengkol..
Sumber :
  • Boris

Pecinta Jengkol? Keripik Jengkol Khas Pali Sumsel Wajib Anda Coba!

Minggu, 26 November 2023 - 11:20 WIB

Pali, tvOnenews.com - Bagi yang suka dengan olahan makanan yang terbuat dari jengkol, ada baiknya Anda mencicipi salah satu kuliner khas Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Sumatera Selatan, yaitu keripik jengkol. Makanan ringan tersebut memiliki cita rasa yang unik, dan gurihnya keripik jengkol dapat menggugah selera Anda.

Di tangan sejumlah masyarakat Kabupaten Pali, jengkol dibuat produk cemilan yang gurih. Seperti yang dilakukan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kawasan Lorong Asrama Pendopo, Kelurahan Talang Ubi Timur, Kecamatan Talang Ubi. Di kawasan tersebut diketahui ada sebanyak 20 orang ibu-ibu yang mengelola jengkol menjadi kripik di rumahnya masing-masing.

Rian Zuriati, salah seorang pelaku UMK pada Sabtu (25/11/2023), mengatakan bahwa keripik jengkol yang dibuatnya digemari banyak orang, dan dari produksi penjualannya selama ini dapat menjadikan salah satu sumber perekonomian keluarga. Dari usaha rumahan, kini usaha keripik jengkol Rian Zuriati sudah menjadi UMK.

“Kita menekuni usaha ini sudah hampir 10 tahun, keripik jengkol yang kami buat kita jual sesuai dengan pesanan dari Pali, selain itu pernah juga dari Aceh, Kalimantan, Bandung, Palembang, dan Prabumulih. Di kawasan lorong asrama ini, ada sebanyak kurang lebih 25 orang yang membuat keripik singkong,” katanya.

Adapun cara membuat keripik jengkol menurut ia termasuk mudah, dan sederhana. Ia menyarankan jika para pecinta kuliner mau mencoba di rumah sebaiknya dapat memilih jengkol yang sudah tua, supaya lebih padat dan rasanya lebih gurih dibandingkan jengkol muda. Makanan ringan seperti keripik jengkol tentu dapat dijadikan stok cemilan di rumah.

“Proses pembuatan keripik jengkol ini, dimulai dari biji jengkol yang dibelah menjadi dua, lalu kita rendam ke dalam air selama satu hari supaya terkupas kulit arinya. Kemudian jengkol yang sudah direndam tadi digoreng sebentar, dan dimasukkan kembali ke dalam air. Setelah itu jengkol siap untuk dipukul-pukul atau digeprek hingga tipis, dan dapat langsung dijemur ke tengah terik matahari selama tiga jam. Setelah kering maka tekstur jengkol yang sudah tipis akan keras, selanjutnya sudah bisa untuk digoreng ke dalam minyak yang telah panas lalu diberikan sambal,” ungkap Rian Zuriati.

Ia juga menjelaskan, untuk membuat satu kilogram keripik jengkol, maka perlu menyiapkan sebanyak tiga kilogram jengkol. Sementara untuk harga satu kilogram keripik jengkol mentah dijual dengan harga 120 ribu rupiah, dan 180 ribu rupiah per satu kilogram keripik jengkol yang sudah siap dimakan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral