Ditjen Hubdat menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan tema "Pendaftaran dan Kebangsaan Kapal Sungai, Danau, dan Penyeberangan (SDP)..
Sumber :
  • Dok.Kemenhub

Tingkatkan Keselamatan Penyeberangan,  4.051 Unit Kapal Angkutan Sungai dan Danau Telah Diregistrasi

Jumat, 1 Desember 2023 - 15:44 WIB

Jakarta, tvonenews,com - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan terus meningkatkan keselamatan dan keamanan angkutan penyeberangan. Hingga saat ini pelaksanaan registrasi yang dilakukan terhadap kapal angkutan sungai dan danau telah mencapai 4.051 unit, yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Demikian disampaikan Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (TSDP) Lilik Handoyo melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (1/12/2023).

Ia mengatakan sejalan dengan amanat Menteri Perhubungan sebagaimana tertuang dalam PM no 17 tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Perhubungan bahwa harus ada pembenahan sistem keselamatan dan keamanan transportasi sungai, danau dan penyeberangan (TSDP).  

Salah satu fungsi yang sangat penting yaitu terkait pendaftaran dan kebangsaan kapal angkutan sungai, danau dan penyeberangan yang merupakan bagian dari aspek kelaiklautan kapal.

"Untuk itu maka Ditjen Hubdat menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan tema "Pendaftaran dan Kebangsaan Kapal Sungai, Danau, dan Penyeberangan (SDP)," kata Lilik disela bimtek di Makassar.

Lilik juga menyampaikan bahwa pelaksanaan pendaftaran dan penetapan tanda kebangsaan kapal, merupakan bagian dari aspek status hukum kapal sebagai kapal berbendera Indonesia. 

"Hal ini merupakan suatu proses awal yang sangat menentukan dalam penetapan aspek kelaiklautan kapal termasuk untuk angkutan sungai, danau dan penyeberangan," tutur Lilik.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral