Dok. Pelabuhan Krakatau International Port di Cilegon, Banten..
Sumber :
  • Istimewa

Wujudkan Pelabuhan Berwawasan Lingkungan, Krakatau Bandar Samudera Mendapat Sertifikasi Ecoports

Sabtu, 30 Desember 2023 - 11:00 WIB

tvOnenews.com - Anak usaha PT Krakatau Steel (Persero) Tbk yang bergerak di jasa kepelabuhanan yaitu PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) mendapatkan sertifikasi Ecoports melalui ECOSLC yang berbasis di Eropa, dan diserahkan langsung oleh CEO ECOSLC, Herman Journee kepada Direktur Utama PT KBS, Anton Firdaus secara virtual.

Sebagai perusahaan jasa kepelabuhanan yang terintegrasi dengan jasa logistik dengan konsep Smart Port dan Green Port serta operator dari Pelabuhan Krakatau International Port di Cilegon Banten, PT KBS berkomitmen untuk terus meningkatkan dan menyempurnakan sistem pengelolaan pelabuhan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan

Ecoports juga sejalan dengan Program Kementerian Perhubungan RI dalam mewujudkan Pelabuhan Berwawasan Lingkungan di Indonesia, hal ini tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor KP-DJPL 689 Tahun 2022 tentang Pedoman Pengelolaan Pelabuhan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan (Ecoport).

Direktur Utama PT Krakatau Bandar Samudera, Anton Firdaus menyampaikan bahwa sertifikasi Ecoports ini juga sejalan dengan Program ESG (Environmental, Social, and Governance) Kementerian BUMN RI. 

“KBS terus melakukan inovasi khususnya dalam mewujudkan Pelabuhan Berwawasan Lingkungan, hal ini tentunya memberikan dampak positif dan nilai tambah bagi seluruh stakeholders,” kata Anton.

Anton menambahkan, bahwa pada tahun 2023, PT KBS telah melakukan inovasi-inovasi guna meningkatkan pelestarian lingkungan diantaranya pembuatan Auxiliary Chute untuk mengurangi kemungkinan adanya spillage, penyediaan EV dan Charging Station, serta menyediakan peralatan penanganan tumpahan minyak. Selain itu, PT KBS melakukan program Sekolah Adiwiyata di lingkungan sekitar yang merupakan program turunan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang berorientasi pada pendidikan dan lingkungan berkelanjutan melalui pendekatan pendidikan karakter yang berwawasan lingkungan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral