Ilustrasi - peta digital.
Sumber :
  • ANTARA

Tingkatkan Efisiensi Layanan Perhubungan Darat, Kemenhub Lakukan Langkah Ini...

Senin, 29 Januari 2024 - 21:05 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan melakukan peningkatan digitalisasi pada layanan bidang perhubungan darat. 

Demikian disampaikan Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Amirulloh, di Jakarta, Senin (29/1/2024).

Amirulloh mengatakan digitalisasi yang akan dilakukan mencakup pengintegrasian berbagai layanan perizinan online, layanan Teman Bus dan BisKita, tracking bus, serta operasional bidang transportasi darat melalui satu platform atau aplikasi yaitu MitraDarat.

“Upaya digitalisasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional, seperti pengelolaan armada dan meningkatkan keselamatan berlalu lintas dengan menggunaan kemajuan teknologi, seperti kecerdasan buatan yang bisa memberikan informasi real time," kata dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan melalui adanya digitalisasi layanan seperti ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan mobilisasi. 

Mobilitas masyarakat yang lebih efisien, aman, dan berkelanjutan merupakan tujuan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

“Saat ini aplikasi MitraDarat sudah terintegrasi dengan layanan Teman Bus di 10 kota dan BisKita di Kota Bogor, sehingga para pengguna aplikasi bisa mengecek rute dan juga tracking bus,” jelas Amirulloh.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral