Para pekerja yang tengah melakukan pengecekan pada PLTS IKN, Ibu Kota Nusantara (IKN)..
Sumber :
  • ANTARA

Rencana Investasi Dana Hingga 10 Miliar Dolar AS di IKN, OIKN Sebut Investor Timur Tengah Berminat di Sektor EBT

Senin, 19 Februari 2024 - 16:39 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengatakan sejumlah negara dari Timur Tengah sudah mengungkapkan ketertarikan untuk berinvestasi di IKN. Sektor yang paling diminati adalah energi baru terbarukan (EBT) di Kalimantan Timur. 

"Terkait sektor energi di IKN, negara-negara Timur Tengah seperti Uni Emirat Arab dan Arab Saudi sudah mengajukan minat," ujar Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono dalam diskusi daring di Jakarta, Senin (19/2/2024).

Investor-investor yang berasal dari Timur Tengah tersebut, kata Agung, berencana untuk mengalokasikan dana investasi sekitar 5-10 miliar dolar AS.

Alokasi dana tersebut ditujukan untuk membangun EBT di IKN. Kerjasama serupa juga sedang dilakukan saat ini oleh PLN Indonesia bersama dengan Sembcorp Utilities Pte. Ltd Singapura.

Sembcorp Utilities Pte. Ltd. merupakan perusahaan energi asal Singapura yang saat ini bekerja sama dengan PLN Nusantara Power (NP). Kerjasama kedua pihak ini bertujuan untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di IKN.

Agung mengatakan, pihaknya ingin terus meningkatkan mitra investasi di IKN dari berbagai negara termasuk Timur Tengah.

"Kita akan perluas dan itu mitra-mitra asing dari Timur Tengah yang akan menjadi andalan kita," kata Agung menjelaskan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:56
11:04
06:22
01:41
28:24
01:29
Viral