Setelah Libur Enam Hari Selama Lebaran, IHSG Dibuka Anjlok Hingga 2,14 Persen Menyusul Memasnya Konflik Iran - Israel.
Sumber :
  • Antara Foto

Setelah Libur Enam Hari Selama Lebaran, IHSG Dibuka Anjlok Hingga 2,14 Persen Menyusul Memasnya Konflik Iran - Israel

Selasa, 16 April 2024 - 10:32 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Bursa saham domestik dibuka langsung terpuruk setelah libur panjang lebaran selama enam hari.  Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa langsung anjlok hingga 2,14 persen setelah pelaku pasar melakukan penyesuaian terhadap kondisi pasar saham global.

Di tengah kekhawatiran memanasnya kondisi di Timur Tengah akibat memanasnya konflik Iran - Israel, IHS pada hari Selasa (16/4/2024) langsung diwarnai aksi jual oleh investor. 

IHSG dibuka melemah 156,25 poin atau 2,14 persen ke posisi 7.130,62. Sementara itu, kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 turun 35,04 poin atau 3,64 persen ke posisi 928,68.

"Tensi geopolitik yang kembali memanas setelah pecah konflik antara Israel versus Iran akan mewarnai bursa saham setelah periode libur Lebaran," sebut Tim Riset Lotus Andalan Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Selasa.

Gejolak di Timur Tengah dikhawatirkan akan memicu fluktuasi harga minyak dunia, yang dapat menimbulkan dampak lanjutan ke ekonomi global. Meski terdapat ancaman inflasi dari naiknya harga minyak dunia, posisi Indonesia di sisi lain cukup menjanjikan jika harga komoditas global turut terkerek naik. 

Di tingkat global, tensi geopolitik di Timur Tengah yang semakin panas membuat para pelaku khawatir akan terdapat perang lebih besar yang dapat membuat ekonomi dunia semakin terpuruk yang menimbulkan ketidakpastian di pasar.

Dari pengalaman sebelumnya, guncangan geopolitik menyebabkan volatilitas jangka pendek, dan bukan penurunan pasar jangka panjang. Saat ini, dampak yang paling terlihat adalah ancaman inflasi yang kembali melonjak akibat harga minyak dunia yang sempat menembus 90 dolar AS per barel.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral