Bertemu Dengan Menlu Wang Yi di Istana, Presiden Jokowi Minta China Bangun Moda Transportasi di IKN.
Sumber :
  • Antara Foto

Bertemu Dengan Menlu Wang Yi di Istana, Presiden Jokowi Minta China Bangun Moda Transportasi di IKN

Kamis, 18 April 2024 - 11:58 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi ke Indonesia ternyata dimanfaatkan oleh pemerintah untuk menarik investasi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta China untuk membangun moda transportasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Jokowi saat bertemu dengan Menlu China Wang Yi pada Kamis (18/4/2024) pagi di Istana Kepresidenan, Jakarta. 

“Bapak Presiden (Jokowi) mendorong kerja sama pembangunan di IKN termasuk untuk moda transportasi,” kata Menlu RI Retno Marsudi yang mendampingi Jokowi selama pertemuan dengan Wang Yi.

Saat ini, China telah berhasil mengembangkan proyek kereta cepat Jakarta - Bandung yang telah mulai beroperasi. Proyek strategis ini bahkan merupakan proyek kereta cepat pertama di kawasan Asia Tenggara. 

Untuk melanjutkan kerja sama dengan China, menurut Retno Marsudi, Presiden Jokowi juga mendiskusikan kelanjutan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dan mendorong adanya alih teknologi dari China kepada Indonesia.

“Perlu percepatan penyelesaian studi kelayakan untuk perpanjangan trase (kereta cepat) hingga ke Surabaya,” tutur Retno Marsudi.

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia memprogramkan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) hingga Surabaya dengan melewati Yogyakarta.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral