Konflik Iran - Israel Memanas, Bank Indonesia Pastikan Stabilitas RUpiah.
Sumber :
  • BANK INDONESIA

Konflik Iran - Israel Memanas, Bank Indonesia Pastikan Stabilitas RUpiah

Jumat, 19 April 2024 - 13:35 WIB


Jakarta, tvOnenews.com - Memanasnya situasi geopolitik di Timur Tengah telah memicu gejolak di pasar keuangan global. Meski mata uang global mengalami tekanan, Bank Indonesia (BI) mengaku siap menjaga stabilitas nilai tukar Rupiah

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam Sidang IMF (Dana Moneter Internasional) - Bank Dunia (World Bank) di Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (18/4/2024). 

“Kami terus memastikan stabilitas Rupiah tetap terjaga dengan intervensi valuta asing dan langkah-langkah  lain yang diperlukan," kata Perry Warjiyo seperti dirilis Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Jumat (19/4/2024). 

Perry Warjiwo mengungkapkan, ekonomi Indonesia termasuk salah satu negara emerging market (EMEs) yang kuat dalam menghadapi dampak rambatan global akibat ketidakpastian penurunan Fed Fund Rate (FFR) dan meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah. 

Hal tersebut, jelas Perry Warjiyo, ditopang oleh kebijakan moneter dan fiskal yang pruden dan terkoordinasi erat. "Untuk memperkuat ketahahan eksternal dimaksud, komitmen kuat Bank Indonesia untuk stabilisasi nilai tukar menjadi bagian penting," jelasnya.

Selain itu, Bank Indonesia juga melakukan pengelolaan aliran portfolio asing yang ramah pasar, termasuk operası moneter yang promarket dan terintegrasi dengan pendalaman pasar uang guna mendukung ketahanan eksternal ekonomi Indonesia. 

Pada Jumat siang, kurs Rupiah terpantau kembali tertekan hingga 89 poin, atau melemah 0,55 persen ke level Rp16.251 per dolar AS. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
01:09
Viral