Ilustrasi - Kapal tanker raksasa milik Pertamina. Kementerian ESDM melirik negara di Afrika dan Amerika Latin untuk impor minyak apabila konflik Iran vs Israel terus memanas.
Sumber :
  • Pertamina

Cemas Dampak Konflik Iran Vs Israel, Kementerian ESDM Lirik Afrika dan Amerika Latin jadi Opsi Pemasok Minyak Mentah Indonesia, Negara Mana?

Jumat, 19 April 2024 - 17:44 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Memanasnya eskalasi konflik di Timur Tengah membuat banyak negara, termasuk Indonesia, mencemaskan nasib harga dan pasokan minyak dunia.

Pasalnya, Iran yang saat ini berkonflik dengan Israel merupakan salah satu negara pemasok minyak mentah terbesar di dunia.

Terkait hal tersebut, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menegaskan bahwa Pemerintah RI saat ini tengah mempertimbangkan negara-negara yang berlokasi di Benua Afrika dan Amerika Latin untuk menjadi alternatif suplai minyak mentah.

Alasan Afrika menjadi opsi adalah pertimbangan jalur impor yang dirasa cenderung terhindar dari dampak konflik Timur Tengah.

“Kami kalau lihat dari pemetaannya, kami bisa lihat kalau dari Afrika kan tidak lewat (Timur Tengah),” kata Arifin saat ditemui di Kantor Direktorat Jenderal Minyak dan Gas (Migas) Jakarta, Jumat (19/4/2024).

Salah satu negara di Benua Afrika yang bisa dipertimbangkan untuk menjadi alternatif pemasok minyak mentah untuk Indonesia adalah Mozambik.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral