Petani wortel di lereng Gunung Merapi dan Merbabu menjual wortel dengan harga seiklasnya, Rabu (23/2/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Agus Saptono

Harga Jatuh, Petani Boyolali Terpaksa Jual Wortel Bayar Seikhlasnya

Rabu, 23 Februari 2022 - 16:29 WIB

Boyolali, Jawa Tengah – Puluhan petani dari lereng Gunung Merapi dan Merbabu yang berada di Kecamatan Selo, Kabupaate Boyolali, Jawa Tengah terpaksa mejual hasil panen wortel mereka dengan harga seiklasnya.

Hal tersebut dilakukan untuk menyikapi rendahnya harga wortel ditingkat petani karena adanya wortel dari luar daerah yang masuk ke wilayah Jawa akhir-akhir ini.

Pantauan di lapangan, petani wortel asal Kecamatan Selo tersebut datang dengan enam mobil bak terbuka, terdiri satu mobil berisi pengeras suara dan lima berisi wortel. Dengan pengeras suara, mereka meneriakkan menjual gratis wortel mereka.

Salah satu petani, Widodo, mengatakan, kegiatan mereka ini bukanlah demo, mereka hanya berjualan wortel hasil panen petani karena di pasar saat ini harganya hanya Rp1.000 per kilo.

“Kami membawa 5 ton wortel untuk di jual dan kebetulan ini di depan Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan kami langsung akan ditanggapi dan akan dicarikan solusi,” katanya kepada wartawan, Rabu (23/2/2022).

Para petani juga membawa berbagai spanduk yang menyuarakan keresahan para petani asal Selo seperti tulisan "Ketimbang Didol Murah, Luwih Becik Digawe Sodakoh" (Daripada dijual murah, lebih baik untuk sedekah), "Petani Wortel Selo Memanggil" dan "Save Petani Selo".

Lebih lanjut Widodo mengatakan, harga jual wortel hanya Rp1000 hingga Rp1500 per kilogram, padahal normalnya Rp4.000 hingga Rp5.000. Walau dengan harga rendah, Widodo mengaku tetap kesulitan menjual wortel.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
Viral