Tour Guide saat Mengantarkan Wisatawan Lokal Mengunjungi Patung Dewa Wisnu di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana Bali.
Sumber :
  • Tim Tvone/Pujiansyah

 ‘Tour Guide’ Kunci Sukses Promosikan Tempat Wisata

Selasa, 1 Maret 2022 - 19:36 WIB

Bandar Lampung, Lampung - Pulau Dewata Bali terkenal dengan pesona wisatanya, banyak sekali objek yang menjadi daya tarik bagi pelancong baik domestik maupun mancanegara. Namun di balik suksesnya Bali sebagai wilayah tujuan wisata ada peran penting seorang "tour guide"  yang tidak bisa dianggap sebelah mata. Dan patut di contoh wilayah lain yang ingin mengembangkan daerah nya melalui sektor Pariwisata.
 
I Nyoman Bagiarta (local tour guide), Senin (1/3/2022) saat dijumpai di sela tugasnya menjadi ‘tour guide’ para wisatawan domestik dari Lampung mengatakan bahwa budaya Bali telah melekat di sanubari penduduk wilayah Bali, sehingga semua penduduk berkomitmen untuk selalu menjaga dan melestarikan budaya, lalu budaya itu lah yang menjadi potensi wisata di pulau Dewata Bali.
 
Menurutnya ada tiga aspek penting yang harus dilakukan oleh semua pelaku usaha pariwisata untuk majunya industri pariwisata yaitu, sumber daya manusia, tanggung jawab dan disiplin. "SDM itu penting, sebab berkaitan dengan kebutuhan jasa pelayanan, tanggung jawab terhadap pelayanan yang diberikan serta disiplin dalam memberikan pelayanan," tutur belli Nyoman demikian dia biasa disapa.
 
Seorang ‘tour guide’ harus tersertifikasi dan berpendidikan secara akademik. Dalam memberikan jasa pelayanan pariwisata haruslah memberikan kesan di hati pengunjung. Dan tak kalah penting memperkenalkan kebudayaan Bali sampai titik yang paling dalam.
 
Arif Idris, pelaku usaha pariwisata saat dijumpai mengaku rutin membawa kunjungan wisatawan ke pulau Dewata Bali.
 
“Bali selalu diminati, hampir tiap bulan kami ke Bali dan selalu ada saja peminat, tidak pernah kehabisan pengunjung sih kalau Bali,” ujar Arif.
 
Sedikitnya ‘trip’ yang ia bawa ke Pulau Dewata Bali berjumlah 40 orang setiap kali ‘trip’, bahkan ada peserta yang telah mengikuti ke Bali sebanyak tiga kali tanpa merasa bosan. (Pujiansyah/Lno)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:35
02:49
05:29
03:51
01:54
05:56
Viral