Suasana Kampung Ramadan di Dusun Sarangan Purbalingga, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Kampung Ramadhan, Bangkitkan UMKM yang Lesu Akibat Pandemi

Selasa, 5 April 2022 - 14:36 WIB

Purbalingga, Jawa Tengah - Berbagai kegiatan memanfaatkan moment Ramadhan digelar oleh masyarakat. Pun di sebuah dusun, di lereng Gunung Slamet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Ingin menggeliatkan UMKM, remaja desa setempat menggelar Kampung Ramadhan.

Remaja Dusun Sarangan, Desa Gondang, Kecamatan Karangreja, Kabupateb Purbalingga, Jawa Tengah memang kreatif. Dusun di sisi tenggara lereng Gunung Slamet ini digelar event bertajuk Kampung Ramadhan.

"Kegiatan berlangsung full dari awal puasa sampai Insya Alloh malam takbiran," ujar Galih Danar Prakoso, salah seroang panitia penyelenggara, Senin (4/4/2022).

Total ada 14 stand yang menjual aneka produk UMKM asal Dusun Sarangan. Mulai dari hidangan takjil hingga makanan berat, dan aneka pernak-pernik lainnya. Tersedia juga arena bermain anak-anak dan pertunjukan musik. 

"Sengaja event ini dibuat untuk memberi kesempatan UMKM bisa pulih kembali. Selama pandemi, banyak dari mereka yang lesu, bahkan gulung tikar. Kita ingin Ramadhan ini menjadi moment perubahan," ujarnya. 

Salah seorang warga pengunjung Kampung Ramadan, Fani mengaku senang. Semua kebutuhan selama puasa lebih mudah didapat.

"Ini kumpul jadi satu, jadi mudah nyari makanan berbuka. Waktunya juga pasti, dan tentu saja harganya ramah," ujarnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral