Dolar sentuh tertinggi pra pendemi terangkat rencana naiknya bunga Fed.
Sumber :
  • Antara

Dolar Sentuh Level Tertinggi Pra Pendemi Terangkat Rencana Naiknya Bunga Fed

Kamis, 28 April 2022 - 04:59 WIB

New York, tvOne

Dolar menguat mencapai level tertinggi lima tahun pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), sebelum Federal Reserve pekan depan diperkirakan akan menaikkan suku bunga, sementara euro melemah di tengah kekhawatiran pertumbuhan setelah Rusia menghentikan pasokan gas ke beberapa bagian wilayah tersebut.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama saingannya, naik 0,65 persen menjadi 102,99, level tertinggi sejak Maret 2020 menyusul kenaikan 0,54 persen di sesi sebelumnya.

Dolar telah naik di tengah ekspektasi bahwa bank sentral AS akan lebih hawkish daripada rekan-rekannya. The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin pada pertemuan 3-4 Mei, serta pada Juni dan Juli.

Greenback juga diuntungkan dari kekhawatiran pertumbuhan global karena Eropa berjuang dengan dampak dari invasi Rusia ke Ukraina dan China memberlakukan penguncian dalam upaya untuk membendung penyebaran COVID-19.

Gazprom Rusia menghentikan pasokan gas ke Polandia dan Bulgaria pada Rabu (27/4/2022) karena kegagalan mereka membayar dalam rubel, memicu perang ekonomi dengan Eropa sebagai tanggapan atas sanksi Barat yang dikenakan atas invasi Moskow ke Ukraina.

"Ini memberikan tekanan lebih lanjut pada harga gas di wilayah tersebut dan memperburuk campuran inflasi pertumbuhan yang mengkhawatirkan yang telah memburuk dengan cepat sejak awal tahun ini," Dominic Bunning, kepala penelitian valas Eropa di HSBC mengatakan dalam sebuah laporan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral