Foto Dokumen: Seorang pria yang mengenakan masker pelindung berjalan melewati Bank of England (BoE).
Sumber :
  • ANTARA/REUTERS

Bank Sentral Inggris Siap Naikkan Suku Bunga Ke-4 Kali

Kamis, 5 Mei 2022 - 08:53 WIB

London - Bank sentral Inggris (BoE) tampaknya siap untuk menaikkan suku bunga pada Kamis untuk keempat kalinya sejak Desember, kenaikan tercepat dalam biaya pinjaman dalam seperempat abad karena mencoba untuk memadamkan bahaya dari lonjakan inflasi.

Tetapi BoE harus melangkah hati-hati untuk menghindari resesi, bahkan dengan inflasi di 7,0 persen - lebih dari tiga kali targetnya - dan masih meningkat.

Bulan lalu Gubernur BoE Andrew Bailey mengatakan, dia dan rekan-rekannya berjalan di "garis yang sangat ketat" untuk mengarahkan ekonomi terbesar kelima di dunia itu melewati lonjakan inflasi global pasca-pandemi yang telah diperburuk oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Sehari setelah Federal Reserve AS menaikkan suku bunga acuan setengah poin persentase - kenaikan terbesar sejak 2000 - ke kisaran 0,75 hingga 1,0 persen, bank sentral Inggris diperkirakan akan mengumumkan kenaikan seperempat poin, membawa suku bunga bank menjadi 1,0 persen.

Itu adalah kenaikan kedua Fed dalam biaya pinjaman sejak pandemi sedangkan kenaikan yang diharapkan BoE akan menjadi yang keempat berturut-turut dan menaikkan suku bunga Bank ke level tertinggi sejak 2009.

Investor pada Rabu (4/5/2022) memperkirakan peluang kurang dari satu-dalam-tiga dari kenaikan setengah poin gaya Fed oleh BoE.

Sterling telah mendekam di sekitar level terendah 21-bulan terhadap dolar di tengah kekhawatiran tentang prospek ekonomi Inggris.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
04:29
Viral