Seorang wanita melewati logo KTT APEC 2022 yang baru diluncurkan di sebuah department store di Bangkok, Thailand, Kamis (18/11/2021)..
Sumber :
  • antara

APEC Diminta Untuk Kembalikan Kepercayaan Perundingan Multilateral

Selasa, 17 Mei 2022 - 23:07 WIB

Jakarta - Indonesia siap melanjutkan langkah-langkah kolektif Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik atau Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) untuk mengembalikan kepercayaan dunia pada sistem perundingan multilateral.

Khususnya, menjelang pertemuan Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO) Twelfth Ministerial Conference (MC12) pada Juni 2022 mendatang.

“Fokus partisipasi Kemendag untuk pertemuan ini mencakup upaya percepatan dan pemerataan pemulihan pasca pandemi yang harus dilakukan dengan pendekatan berimbang dengan memperhatikan aspek sosial, ekonomi dan lingkungan,” ujar Direktur Perundingan APEC dan Organisasi Internasional Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kemendag Reza Pahlevi lewat keterangannya diterima di Jakarta, Selasa.

Reza mengatakan hal itu pada pertemuan kedua Committee on Trade and Investment/CTI APEC yang digelar pada 15-16 Mei 2022 di Bangkok, Thailand.

Menurutnya, sistem perdagangan global dituntut memberikan solusi konkrit untuk mengatasi permasalahan ekonomi dunia akibat disrupsi pandemi Covid-19 dan tantangan lainnya.

“Pemerataan upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi dan langkah kolektif multilateral merupakan prioritas Indonesia,” tandas Reza.

Reza juga mengungkapkan, anggota APEC juga mendiskusikan upaya implementasi visi APEC untuk mewujudkan kawasan yang terbuka, dinamis, berdaya tahan, aman, dan sejahtera.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral