Deputi Bidang Informasi dan Data KPK sekaligus Chair Anti-Corruption Working Group Mochamad Hadiyana.
Sumber :
  • Antara

G20 Bahas Empat Isu Antikorupsi

Senin, 4 Juli 2022 - 12:09 WIB

Jakarta -  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melanjutkan pembahasan empat isu prioritas yang diusung Presidensi Indonesia pada putaran ke-2 Anti-Corruption Working Group (ACWG) G20. Pertemuan yang akan diikuti oleh 20 delegasi negara peserta ini dilaksanakan pada tanggal 5 hingga 8 Juli 2022 di Nusa Dua, Bali.

Deputi Bidang Informasi dan Data KPK selaku Chair ACWG G20 Mochamad Hadiyana menyampaikan empat isu prioritas tersebut yakni peningkatan peran audit dalam pemberantasan korupsi, partisipasi publik dan pendidikan antikorupsi, kerangka regulasi dan supervisi peran profesi hukum pada pencucian uang hasil korupsi, serta pemberantasan korupsi pada sektor energi terbarukan. 

“Pada putaran pertama, seluruh delegasi menyatakan dukungannya terhadap empat isu prioritas yang diusung Indonesia. Selanjutnya, kita akan melanjutkan pembahasannya secara lebih elaboratif bersama para delegasi di putaran ke-2 nanti,” kata Hadiyana di Jakarta, Senin (4/7/2022).

Lebih rinci, isu peran audit dalam pemberantasan korupsi akan menjadi isu yang dimasukkan dalam High Level Principle (HLP). Nantinya, isu ini akan menjadi dokumen kebijakan yang mengikat dan ditagih implementasinya pada masa mendatang. Sementara tiga isu lainnya akan menjadi rangkuman atau compendium.

KPK berharap pada putaran ke-2 nanti, seluruh delegasi bisa saling bertukar ide dan gagasan untuk menghasilkan kesimpulan yang konstruktif bagi upaya perbaikan pemberantasan korupsi global. 

“Harapannya hasil pembahasan nanti bisa berdampak positif bagi upaya pencegahan maupun pemberantasan korupsi baik pada tataran domestik, regional, maupun global,” kata Hadiyana.

Sebagai pengayaan pembahasan isu antikorupsi, pertemuan G20 ACWG putaran ke-2 juga akan melibatkan Engagement Groups seperti B20, C20, T20, L20, dan P20. Kemudian berbagai organisasi internasional yang fokus terhadap isu antikorupsi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral