Peserta delegasi negara G20 berbincang-bincang sebelum memulai rapat pertemuan "Trade, Industry, and Investment Working Group (TIIWG) G20 di Solo.
Sumber :
  • Antara

Kelompok Kerja Investasi G20 Perkuat Investasi Berkelanjutan

Senin, 4 Juli 2022 - 15:47 WIB

Jakarta -  Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bersama dengan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian selaku anggota G20 Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) akan  menggelar Pertemuan Kedua TIIWG atau The Second TIIWG Meeting pada 5 hingga 7 Juli 2022 di Surakarta, Jawa Tengah. Pertemuan ini sebagai kelanjutan dari pertemuan pertama pada bulan Maret lalu yang juga dilaksanakan di Kota Surakarta.

Dalam Pertemuan Kedua TIIWG ini nantinya akan dibahas tiga isu. Pertama, reformasi WTO (World Trade Organization). Kedua, respons perdagangan, investasi, dan industri terhadap pandemi dan arsitektur kesehatan global.

Ketiga, mendorong investasi berkelanjutan dalam rangka pemulihan ekonomi global. Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia berharap pertemuan TIIWG ini dapat memberikan hasil yang konkret, baik di sektor investasi, industri, dan perdagangan yang sejalan dengan tujuan utama Presidensi G20 Indonesia yaitu arsitek kesehatan global, transformasi ekonomi digital, dan transisi energi. Khususnya kolaborasi dalam investasi berkelanjutan dan inklusif. 

“Melalui pertemuan TIIWG ini, kita harap dapat mempercepat terwujudnya transformasi ekonomi, salah satunya melalui investasi berkelanjutan dan inklusif. Kita harus manfaatkan momentum Presidensi G20 Indonesia di tahun ini dengan baik,” kata Bahlil di Jakarta, Minggu 3 Juli 2022.

Pada pertemuan pertama TIIWG sebelumnya, telah dibahas tiga isu lain.  Yaitu,  peran sistem perdagangan multilateral untuk akselerasi pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs),  perdagangan digital dan rantai nilai global yang berkelanjutan (Sustainable Global Value Chains/GVCs),  serta industrialisasi inklusif yang berkelanjutan melalui Industri 4.0.

Selain agenda persidangan, Pertemuan Kedua TIIWG G20 ini juga akan menghadirkan empat kegiatan lainnya. Yaitu welcome dinner yang akan dilaksanakan di Keraton Kasunanan, gelar potensi pengusaha nasional di daerah,  kirab budaya G20 yang dirangkaikan dengan Solo Batik Carnival (SBC), dan ditutup dengan gala dinner di Balai Kota Surakarta. Rangkaian kegiatan tersebut, akan dihadiri oleh perwakilan delegasi asing yang berasal dari 20 negara anggota G20, 11 negara undangan, dan tujuh organisasi internasional. (rul/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral