Gubernur Banten Wahidin Halim Melihat Kebun Pisang Cavendish.
Sumber :
  • Kusnaedi Baduy

Gara-Gara Pandemi Jurnalis ini Banting Setir jadi Petani Pisang, Pelanggan Antre Meski Belum Panen

Sabtu, 4 September 2021 - 15:10 WIB

Lebak, Banten – Masa pandemi Covid-19 membuat banyak orang kehilangan mata pencaharian tak terkecuali jurnalis lepasan. Seorang wartawan televisi asal Kabupaten Lebak, Banten, Kusnaedi, melihat peluang di kampung halamannya yang memiliki banyak tanah kosong. Dia pun membanting setir menjadi petani, dan kini tengah memetik hasilnya.

Bisnisnya itu bermula ketika pria berusia 35 tahun ini gemas melihat banyaknya lahan tidur. Ia kemudian memberanikan diri mengajak masyarakat untuk memanfaatkan tanah tersebut. Mereka mendiskusikan jenis usaha yang paling cocok atau paling mudah dikelola petani di kampung.

Setelah mencari informasi dari berbagai mitra kerjanya di Jakarta tentang peluang usaha dan prospek pasarnya yang cerah, pria yang akrab disapa Engkus ini mencetuskan ide menanam pisang Cavendish atau pisang ambon putih. Para petani di Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak pun siap mendukung ide Engkus. Apalagi petani kampung sudah terbiasa menanam pisang. Mereka tinggal ditambah pengetahuan dan keahliannya.

“Saya beranikan diri karena peluang pasarnya bagus. Sebelum buka lahan, saya cari segmen usaha dan pasarnya. Ternyata pisang cavendish yang cocok. Mudah ditanam dan sudah ada yang sanggup membeli hasil panennya,” ungkap Engkus.

Karena sudah ada yang memesan hingga puluhan ton untuk dipasarkan di wilayah Jabodetabek, almunus UIN Sultan Malana Hasanuddin Banten ini makin bersemangat mencari lahan.

Singkat cerita, dia bersama Kelompok Tani Sumber Rejeki mendapatkan hak guna usaha lahan seluas 125 hektare di Desa Cileles Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral