Ilustrasi Stok Gula.
Sumber :
  • viva.co.id

Presiden Jokowi Minta Stok Gula Nasional Tidak Terpengaruh Inflasi

Rabu, 20 Juli 2022 - 23:01 WIB

Jakarta- Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk menjaga stok kebutuhan gula nasional agar tak terpengaruh inflasi dengan adanya disrupsi dan pengurangan impor gula dari negara-negara lain.

Hal itu disampaikan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) mengenai tatanan kebijakan gula nasional yang dipimpin Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (20/07/2022), 

“Presiden mengharapkan dalam waktu yang sangat cepat, ada langkah-langkah bersama antara kementerian baik (Kementerian) Pertanian, (Kementerian) BUMN, (Kementerian) Perdagangan, (Kementerian) Perindustrian untuk mencoba mempersiapkan berbagai hal, minimal mempersiapkan kebutuhan gula nasional kita secara baik,” kata Syahrul.

Syahrul mengungkap kebutuhan gula nasional  saat ini secara umum adalah 7,3 juta ton, sementara gula konsumsi 3,2 juta ton dan gula industri 4,1 juta ton. Sementara produksi gula nasional masih sangat rendah, yaitu 2,35 juta ton.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa presiden juga meminta untuk  memperkuat gula konsumsi untuk terus disiapkan yang berarti dibutuhkan sekitar 850 ribu ton gula konsumsi. 

"Saya mendapatkan perintah bersama menteri lain, Menteri BUMN lebih khusus, untuk mempersiapkan baik rawat ratun dari tebu maupun bongkar ratun. Artinya, ada lahan-lahan intensifikasi dan lahan-lahan ekstensifikasi yang harus digarap secara bersamaan,” ujarnya.

Kepala negara, lanjut Syahrul juga akan terus memonitor secara berkala mengenai masalah pangan. Dengan tegas presiden menginstruksikan kementerian terkait untuk dapat memberikan dukungan dalam memperkuat kebutuhan gula konsumsi nasional.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral