Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat ambutan secara virtual dalam KTT Women 20, Kamis (21/7/2022)..
Sumber :
  • (ANTARA/HO-Kemenko Perekonomian)

Menko Airlangga Serukan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan pada KTT W20

Jumat, 22 Juli 2022 - 08:39 WIB

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto menyerukan pemberdayaan ekonomi perempuan dan pemulihan yang merata. Bahkan menurut dia, Menempatkan pemberdayaan ekonomi perempuan di jantung forum adalah kunci untuk memberikan global exit strategy yang sukses. 

“Hal ini penting karena di seluruh anggota G20 kesenjangan gender tetap ada dan hal ini menghambat pembangunan berkelanjutan,” kata Airlangga pada saat memberikan sambutan secara virtual dalam KTT Women 20 seperti dikutip dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis 21 Juli 2022.

Selama masa krisis, termasuk pandemi Covid-19 pemberdayaan ekonomi perempuan di seluruh dunia menghadapi hambatan besar. Melihat hal ini, sebagai outreach group dalam Presidensi G20 Indonesia yang mewakili suara perempuan, W20 berkomitmen untuk menjembatani kesenjangan disparitas gender. “Di pucuk pimpinan forum ekonomi utama dunia, kami ingin melihat hasil nyata dalam pemberdayaan ekonomi perempuan,” kata Airlangga.

Forum G20, kata Menko Perekonomian, bertujuan untuk mendukung para anggota dalam mencapai target G20, yakni menutup kesenjangan gender dalam partisipasi sebesar 25 persen pada 2025. Forum G20 juga terus membuat kemajuan bagi keterwakilan perempuan dalam kegiatan ekonomi. 

Sekitar setengah dari anggota G20, kata Airlangga, telah menunjukkan kemajuan yang lebih baik dari yang diharapkan untuk mencapai tujuan 2025.  Di Indonesia, peran perempuan semakin signifikan dalam perekonomian nasional. Sebanyak 61 persen perempuan berkontribusi terhadap perekonomian dan sekitar 50 persen dari 60 juta UMKM dimiliki perempuan.

Hal itu menjadi sangat signifikan karena UMKM di Indonesia mampu menyerap 97 persen tenaga kerja sektor usaha. Pemerintah Indonesia juga terus berupaya mendukung pemberdayaan ekonomi perempuan melalui alokasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Program Kartu Prakerja.

Karena itu, Menko Airlangga pun optimis melihat ada sinergi yang kuat di antara negara-negara dengan W20 sebagai engagement group yang esensial dalam forum G20, terutama untuk berbagi tindakan dalam mencapai global exit strategy yang lebih inklusif dan tangguh. “Kita perlu berbuat lebih banyak untuk mencapai tujuan W20 yakni Recover Together and Recover Equally,” ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral