Budidaya Lemon California Organik Di Masa Pandemi Ramai Diminati untuk Penambah Imun.
Sumber :
  • Bambang Gatot

Budidaya Lemon California di Masa Pandemi Ramai Diminati

Senin, 6 September 2021 - 09:52 WIB

Purworejo, Jawa Tengah - Dampak pandemi Covid-19,  memang membuat segala sektor usaha menjadi terpuruk. Namun tidak dengan sektor perkebunan yang satu ini, yaitu perkebunan lemon California organik di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Tingginya kebutuhan masyarakat akan asupan vitamin, utamanya vitamin c selama pandemi ini, membuat lemon organik yang dibudidayakan seorang warga di Purworejo kebanjiran pesanan. Bahkan pangsa pasarnya sudah menembus kota kota besar di tanah air seperti Jakarta dan Semarang. 

Sejak 2 tahun terakhir ini, Bambang Gatot, warga Desa Condong Sari, Kecamatan Banyuurip, Purworejo, Jawa Tengah mulai mengembangkan sektor perkebunan yaitu budidaya lemon California organik.

Alhasil, kini sedikitnya ribuan meter persegi lahan kosong telah disulap menjadi lahan lemon California organik. Ratusan kilogram lemon pun bisa dipanen setiap bulannya dari kebun ini.

Uniknya, di perkebunan ini, PNS di lingkungan Pemkab Purworejo ini, tidak menggunakan pupuk kimia dalam tanaman melon yang dibudidayakannya. Ia menggunakan pupuk organik yang dibuatnya sendiri dengan memanfaatkan sampah tanaman melon, berupa buah dan daun yang rontok.

Setelah melalui proses fermentasi di sejumlah tong yang berada di sekitar perkebunan, pupuk organik inipun siap diberikan pada tanaman tanaman lemon.

Hasil bumi yang melimpah berupa lemon organik yang terkenal memiliki rasa masam yang menggugah selera dan daging buah yang berisi ini, juga dipasarkan dengan konsep agrowisata petik buah langsung dari pohonnya. Konsep inipun ternyata mendapatkan respon positif dari wisatawan lokal Purworejo maupun wisatawan yang berawal dari luar kota.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
10:35
15:44
01:26
01:56
06:26
Viral