Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Puncak Dies Natalis 7 PKN STAN di Jakarta, Jumat (29/7/2022)..
Sumber :
  • antara

AS Mengalami Inflasi Tinggi, Sri Mulyani: Pelemahan Ekonomi Global Pasti Terjadi

Jumat, 29 Juli 2022 - 11:20 WIB

Jakarta - Inflasi tinggi yang terjadi di Amerika Serikat yang terjadi saat ini, menandakan bahwa pelemahan ekonomi global pasti terjadi. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa berbagai negara akan merespon kebijakan.

“Kalau seandainya kenaikan suku bunga dan likuiditas cukup kencang, maka pelemahan ekonomi global pasti terjadi,” kata Menkeu Sri Mulyani dalam Puncak Dies Natalis 7 PKN STAN di Jakarta, Jumat.

Sri Mulyani juga menjelaskan bahwa berbagai negara akan mengeluarkan langkah-langkah penting seperti melakukan pengetatan likuiditas dan menaikkan suku bunga sebagai respon kebijakan terhadap inflasi tinggi di Amerika Serikat.

Langkah mengetatkan likuiditas dan menaikkan suku bunga tersebut pun akan menyebabkan arus modal keluar sehingga pelemahan ekonomi global pasti terjadi.

Amerika Serikat saat ini sedang mengalami inflasi tertinggi sepanjang 40 tahun terakhir, yaitu inflasi sebesar 9,1 persen. Hal ini terjadi karena adanya krisis pangan dan energi, seiring dengan perang yang terjadi antara Rusia-Ukraina. Kedua negara itu merupakan produsen terbesar pangan dan energi di dunia.

Sri Mulyani menegaskan resesi AS pasti akan mempengaruhi Indonesia mengingat negara itu merupakan negara tujuan ekspor.

“Jadi kalau mereka melemah maka permintaan terhadap ekspor turun dan harga komoditas juga turun,” tegas Menkeu Sri Mulyani.(ant/chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral