Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Puncak Dies Natalis 7 PKN STAN di Jakarta,.
Sumber :
  • ANTARA

Amerika Resesi, Ekonomi China Melemah, Sri Mulyani Khawatir Berimbas Besar Bagi Indonesia

Minggu, 31 Juli 2022 - 11:12 WIB

Jakarta - Perekonomian Amerika Serikat resmi masuk ke jurang resesi. Kondisi perekonomian AS setelah dua kuartal berturut-turut terkontraksi yaitu minus 1,6 persen (yoy) pada kuartal I dan 0,9 persen (yoy) pada kuartal II-2022.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan resesi AS pasti akan mempengaruhi Indonesia mengingat negara itu merupakan negara tujuan ekspor.

“Jadi kalau mereka melemah maka permintaan terhadap ekspor turun dan harga komoditas juga turun,” tegas Menkeu Sri Mulyani saat menghadiri Puncak Dies Natalis 7 PKN STAN di Jakarta, dikutip Minggu (31/7/2022).

Selain itu, Sri Mulyani juga menyatakan bahwa inflasi yang tinggi di AS menandakan bahwa pelemahan ekonomi global pasti terjadi seiring berbagai negara akan melakukan respons kebijakan.

“Kalau seandainya kenaikan suku bunga dan likuiditas cukup kencang, maka pelemahan ekonomi global pasti terjadi,” kata Menkeu.

Sri Mulyani menjelaskan berbagai negara akan mengeluarkan langkah-langkah seperti mengetatkan likuiditas dan menaikkan suku bunga sebagai respons kebijakan terhadap inflasi tinggi di AS.

Langkah mengetatkan likuiditas dan menaikkan suku bunga tersebut pun akan menyebabkan arus modal keluar sehingga pelemahan ekonomi global pasti terjadi.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral