Ilustrasi bermain ponsel.
Sumber :
  • Xinhua

Kominfo Dorong Presidensi G20 Indonesia Pacu Hilirisasi Ekonomi Digital

Senin, 22 Agustus 2022 - 13:52 WIB

Jakarta - Selaku leading sector transformasi digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika menjadi pengampu Kelompok Kerja Ekonomi Digital G20 atau G20 Digital Economy Working Group (DEWG) dalam Presidensi G20 Indonesia tahun 2022.

Mengingat sifat isu digital yang strategis, dinamis dan multisektoral, keterlibatan semua pihak dari berbagai sektor sangatlah diperlukan baik dalam akselerasi transformasi digital maupun penyelenggaraan G20 DEWG.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba mendorong industri memanfaatkan momentum Presidensi G20 Indonesia sebagai momentum sekaligus panggung bersama dalam memacu hilirisasi ekonomi digital.

“Kami dari awal sangat menyadari bahwa G20 ini panggung kita bersama. Bukan saja pemerintah, kami juga mengajak industri dan bahkan UMKM lokal untuk turut serta dalam berbagai rangkaian kegiatan G20 DEWG,” tuturnya dalam Media Briefing ITF DEWG dengan tema ‘Membangun Sinergi Ekosistem Digital untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Global Pascapandemi’ di Jakarta akhir pekan lalu.

Menurut Mira, dari para rekan industri yang tergabung dalam Industry Task Force (ITF) telah banyak memberikan dukungan penyelenggaraan, lalu para pelaku UMKM juga diberikan kesempatan untuk memamerkan dan menjual hasil karyanya kepada delegasi negara anggota G20.

"Selain itu, teman-teman akademisi dan ahli dari berbagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia juga memberikan berbagai masukan substantif terhadap dinamika diskusi maupun perundingan persidangan,” lanjutnya.

Menurut Sekjen Kementerian Kominfo, pembahasan dalam DEWG akan menjadi pondasi pembahasan isu transformasi digital dalam Presidensi G20 Indonesia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral