Amazon Web Service (AWS) yang membuka stan di lokasi pertemuan DEWG.
Sumber :
  • ANTARA

Delegasi DEWG G20 Bali Bisa Bermain Robot Alexa

Rabu, 31 Agustus 2022 - 15:02 WIB

Nusa Dua, Bali - Para delegasi G20 dan tamu yang menghadiri Pertemuan Keempat Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau 4th Digital Economy Working Group (DEWG) Meeting G20 dapat bermain dengan robot Alexa. Robot yang berteknologi artificial intelligent (AI) dan Internet of Think (IoT) itu berasal dari Amazon Web Service (AWS) yang membuka stan di lokasi pertemuan DEWG di Hotel Mulia, Nusa Dua, Bali.

“Tadi ada beberapa delegasi (DEWG G20) mampir ke stan kami dan tertarik mencoba permainan robot challenge di sini. Mereka cukup takjub dan terhibur,” ujar Country Manager, Indonesia Worldwide Public Sector AWS, Mohammad Ghozie Indra Dalel Nusa Dua, Bali kemarin.

Ghozie menjelaskan, dalam permainan itu, AWS menyiapkan IoT berupa mobil robot kecil yang digerakkan melalui perintah suara dalam Bahasa Inggris, untuk melaju ke titik tujuan tertentu. Robot yang memiliki empat roda dan lengan jepit itu kemudian merespon perintah suara dari perangkat speaker artificial intelligent (AI) yang dinamakan Alexa. Perintah suara itu dikirimkan ke komputasi awan (cloud computing) yang memproses pengenalan bahasa alami (natural language understanding). Robot akan bergerak menggunakan sensor sesuai instruksi.

“Kita buat itu lebih fun supaya mereka juga bisa bermain tetapi memahami bagaimana teknologi itu. Daripada kita menjelaskan teknologinya apa, lebih baik kita pakai jadi permainan robot yang menarik sekali,” jelasnya.

Menurut Ghozie, sementara ini permainan robot challenge masih menggunakan perintah Bahasa Inggris dan akan dikembangkan menjadi Bahasa Indonesia serta fitur lainnya. Pengembangan fitur Bahasa Indonesia dinilai cukup menantang karena memiliki keragaman dialek antardaerah yang jumlahnya mencapai ratusan. “Karena Bahasa Indonesia itu memiliki 700 dialek juga, jadi butuh waktu untuk bisa memahami. Sebab teknologi AI itu bukan diprogram,  tetapi bagaimana supaya punya pemikiran seperti manusia. Konsepnya diajarkan, bukan program,” tuturnya.

Lebih lanjut Ghozie menjelaskan, AWS berencana membawa kompetisi permainan balap mobil robot deep racer ke Indonesia untuk dilombakan pada tingkat mahasiswa. Kompetisi robot itu menurutnya sudah digelar di sejumlah kampus negara-negara lain sebagai bagian dari program talenta digital perusahaan AWS tingkat global. “Jadi kalau di luar negeri diajarkan tentang reinforce learning AI, supaya mobil-mobil ini bisa memahami sendiri nanti balapan. Kita akan kerja sama dengan hampir 30 universitas di Indonesia yang pernah membawakan course-nya AWS,” katanya.

Dalam gelaran DEWG itu, lanjutnya, AWS membawa serta partner asal Bali, yakni Bamboo Media yang bergerak di solusi smart city agar pemerintah bisa melakukan banyak layanan publik, seperti dari antrian, sistem pengaturan, koordinasi, dan lainnya. “Itu yang kita coba tunjukkan dengan harapan bahwa AWS bisa berpartisipasi aktif mendukung Kementerian Kominfo melakukan inisiatif menuju akselerasi digital government maupun proses digital lainnya,” ujarnya. (rul/ner)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:57
01:51
06:48
09:30
03:52
01:15
Viral