Kadin, PHRI, ASITA, dan Organda DIY minta dibuka rute YIA-Perth..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

Bangkitkan Ekonomi, Dunia Usaha DIY Minta Dibuka Rute Penerbangan YIA-Perth

Kamis, 1 September 2022 - 10:23 WIB

Sleman, DIY - Para pelaku dunia usaha di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meminta dibukanya rute penerbangan baru dari Yogyakarta Internasional Airport (YIA) ke Perth, Australia.

Permintaan ini disuarakan oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) DIY, dan Organisasi Angkutan Darat (Organda) DIY.

"Kami mencanangkan dibukanya rute penerbangan YIA menuju Perth Australia untuk mewujudkan pemulihan ekonomi daerah melalui Trade Tourism and Investment (TTI)," kata Wakil Ketua Umum Kadin DIY Pariwisata Arif Effendi, Kamis (1/9/2022).

Menurut Arief, pihaknya memiliki banyak alasan kenapa rute YIA-Perth perlu segera dibuka. Di antaranya semangat B20 dan G20 dan perjanjian ekonomi Indonesia Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) yang mulai berlaku sejak Juli 2022.

Selain itu, keberadaan lebih dari 20.000 diaspora Indonesia yang tinggal di Perth maupun di negara bagian Western Australia, serta lebih dari 150.000 diaspora Indonesia di seluruh Australia.

"Diapsora Indonesia dapat menjadi kanal pemasaran produk UKM DIY dan Indonesia ke Australia dengan pintu gerbang Perth," ungkap Arief.

Ditambahkan Arief, Perth dan negara bagian Western Australia merupakan wilayah terdekat dengan Bandara YIA. Bahkan jarak penerbangannya diperkirakan hanya sekitar 3 jam.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
20:11
13:31
06:01
02:57
02:49
01:28
Viral