Dokumentasi. Petani rumput laut di Sebatik Kabupaten Nunukan tengah menjemur hasil panen rumput lautnya..
Sumber :
  • ANTARA

Genjot Devisa Dari Emas Hijau, Indonesia Masuk Produsen Rumput Laut Terbesar Nomor 2 di Dunia

Rabu, 26 Oktober 2022 - 07:59 WIB

Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggenjot peningkatan produktivitas budidaya rumput laut atau emas hijau sebagai komoditas unggulan ekspor produk perikanan Indonesia di pasar dunia.

Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik Doni Ismanto mengungkapkan, rumput laut atau emas hijau memiliki potensi pasar yang sangat besar di luar negeri, sebagai bahan pangan dan bahan baku pembuatan kosmetik dan farmasi.

Doni mengatakan, pengembangan budidaya rumput laut termasuk dalam program Ekonomi Biru KKP lantaran potensinya yang sangat besar di Indonesia.

"Potensi tersebut di antaranya dari ketersediaan lahan marikultur seluas 12,3 juta hektare dan yang dimanfaatkan baru mencapai 102 ribu hektare atau 0,8 persen," ungkap Doni saat di Gedung Mina Bahari IV, Jakarta Pusat, Selasa (25/10/2022).

"Rumput laut ini bisa dikatakan emas hijau dari laut. Secara sumber daya kita punya, jangan sampai kita kehilangan kesempatan ini," sambungnya.

Untuk itu dari lima program ekonomi biru KKP, kata Doni, salah satunya pengembangan budidaya berkelanjutan.

"Nah salah satu komoditas yang didorong adalah rumput laut. Saat ini secara volume kita di atas namun dalam bentuk mentah belum menjadi olahan yang punya nilai lebih, ini tantangannya," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral