Ilustrasi asuransi mobil.
Sumber :
  • cermati.com

Mengenal Jenis-Jenis Asuransi Mobil dan Cara Mudah Cek Polis Perlindungannya 

Rabu, 23 November 2022 - 11:51 WIB

Bagi pemilik mobil, asuransi kendaraan menjadi produk asuransi yang wajib untuk dimiliki. Dengan menjadi nasabah dari produk asuransi tersebut, pemilik mobil bisa mendapat perlindungan terhadap berbagai macam risiko masalah yang mungkin terjadi saat berlalu lintas. Sebagai contoh, asuransi mobil mampu memberi manfaat ganti rugi saat nasabahnya mengalami kecelakaan dan harus melakukan perbaikan, ataupun saat kehilangan mobil. 

Meski secara umum asuransi mobil memberi manfaat perlindungan tersebut, tapi produk asuransi ini ternyata memiliki beberapa jenis yang penting untuk dipahami. Pasalnya, berbeda jenis asuransi mobil, berbeda pula perlindungan yang diberikan kepada para nasabahnya. 

Selain itu, bagi pemilik asuransi mobil, ada baiknya untuk mengetahui cara cek polis asuransi agar dapat melihat manfaat perlindungan apa saja yang dijamin dan yang tidak. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang berbagai jenis asuransi mobil dan cara mudah untuk mengecek polis perlindungannya, simak penjelasan berikut ini.

1.    Jenis Asuransi Mobil yang Perlu Diketahui

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, asuransi mobil secara umum memberi perlindungan terhadap berbagai macam risiko yang mungkin terjadi pada kendaraan saat berlalu lintas. Tapi, setiap jenis produk asuransi mempunyai manfaat perlindungan yang berbeda-beda, antara lain:

-    Jenis TLO
Asuransi mobil Total Loss Only atau biasa disingkat TLO adalah produk asuransi mobil dengan manfaat perlindungan terhadap risiko kecelakaan dan pencurian. Namun, produk asuransi ini hanya menjamin ganti rugi kepada nasabahnya ketika biaya perbaikan mencapai paling tidak 75 persen dari harga mobil akibat kecelakaan ataupun pencurian. Karena memberi manfaat perlindungan yang lebih terbatas tersebut, asuransi mobil jenis TLO umumnya mempunyai biaya premi lebih terjangkau. 

-    Jenis All Risk
Berbeda dengan TLO, asuransi mobil comprehensive atau all risk menjamin perlindungan terhadap segala risiko pencurian dan kecelakaan pada mobil, baik itu yang mengakibatkan kerusakan kecil maupun besar. Sebagai contoh, ketika mobil mengalami kecelakaan dan terjadi lecet atau penyok pada bagian body, nasabah bisa melakukan perbaikan dan mengajukan pergantian biaya ke pihak penyedia asuransi. Walaupun begitu, dengan manfaat perlindungan yang lebih lengkap dan menyeluruh tersebut, biaya premi yang harus dibayar oleh nasabah asuransi mobil comprehensive ini relatif lebih mahal ketimbang asuransi TLO.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral