Mobil SUV Kesulitan Lintasi Jalan di Nagari Kotobaru, Sijunjung, Sumbar.
Sumber :
  • Beni Roska

Jalan di Sijunjung Rusak Parah, Masyarakat Minta Infrastruktur Diperbaiki

Jumat, 8 Oktober 2021 - 08:36 WIB

Sijunjung, Sumatera Barat – Kondisi jalan lingkar dari Nagari Kotobaru, Kecamatan IV Nagari menuju Nagari Batu Menjulur, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung  sangat memprihatikan. Akses jalan kabupaten itu mengalami kerusakan yang sangat parah, sehingga mengganggu aktivitas masyarakat dalam menjalankan perputaran perekonomian di Nagari.

Keadaan akan semakin parah ketika memasuki musim hujan. Jalan sepanjang 10 kilometer menjadi berlumpur sehingga kendaraan jenis SUV pun sulit melintas. 

Melihat kondisi jalan yang sangat parah dan memprihatinkan, warga Nagari Kotobaru  melalui tokoh masyarakatnya, Brista Yozi (45), meminta agar Pemerintah Kabupaten Sijunjung segera memperbaiki  infrastruktur jalan mulai dari Nagari Kotobaru-Nagari Batu Menjulur karena jalan ini akses utama masyarakat ke sawah, ladang, atau kebun.

"Kerusakan jalan ini sudah sangat lama. Kali terakhir jalan ini diperbaiki sekitar sepuluh tahun lalu. Kondisinya sangat memprihatinkan, apalagi kalau musim hujan susah untuk dilalui kendaraan. Selain jalan, saya juga meminta ke pemerintah untuk membantu drainase agar genangan air di jalan tersebut tidak ada. Sehingga warga bisa memakai kendaran seperti motor dan tidak membahayakan jiwa lagi," tutur Brista Yozi, Kamis (7/10).

Ia juga mengusulkan perbaikan jalan tersebut kepada dinas terkait. Hanya, Brista tidak tahu kapan perbaikan jalan itu terealisasi. 

“Kami akan sampaikan aspirasi dan keluhan masyarakat pada instansi terkait, karena jalan tersebut merupakan akses utama warga kami, namun hingga saat ini belum ada tanda-tanda jalan ini akan diperbaiki,” tuturnya lagi.

Tokoh adat lain, Dasrialis (50) pun angkat bicara menyayangkan atas lambannya penanganan perbaikan jalan dari instansi terkait. Menurutnya, masyarakat tidak hanya resah, tetapi juga sudah mulai jenuh dengan kondisi jalan yang sudah lama tidak diperbaiki itu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral