Wapres Ma'ruf Amin (tengah) saat mendengarkan penjelasan progres pembangunan Manyar Smelter Project milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023)..
Sumber :
  • ANTARA

Pembangunan Smelter Freeport di Gresik, Wapres Tanyakan Apa Kendalanya

Selasa, 7 Februari 2023 - 13:55 WIB

Surabaya, Jawa Timur, tvonenews.com - Progres pembangunan smelter di Gresik telah mencapai 54 persen, dan menjadi Smelter Design Singel Line terbesar di dunia dengan kapasitas pengolahan konsentrat 1.700.000 dmt per tahun.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat meninjau langsung progres pembangunan Manyar Smelter Project milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di kawasan Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE) Gresik, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023) mengapresiasi perkembangan tersebut. 

Dalam peninjauan itu, Wapres Ma'ruf Amin didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas, dan Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Bambang Setyono.

Wapres Ma'ruf juga menanyakan sejumlah kendala dalam proses pembangunan kawasan smelter di Gresik kepada Direktur Utama PT BKMS, Bambang Setyono.

Pada kesempatan itu, Direktur Utama PT BKMS Bambang Setyono mengakui kendala itu kini telah dalam proses penyelesaian, yakni jalan atau akses utama masuk kawasan JIIPE serta pembangunan Tol Kawasan Bunder.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto mengatakan, optimistis konstruksi smelter Manyar akan selesai tepat waktu pada Desember 2023.

"Saya sangat mengapresiasi kerja keras PTFI dalam mengejar target konstruksi smelter Manyar yang kini telah mencapai 51,7 persen sesuai kurva-S yang disetujui pemerintah," kata Airlangga dalam kunjungan kerja ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Manyar, beberapa hari lalu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral