KH Hasyim Asyari.
Sumber :
  • Tebuireng Online

Heroik, KH Hasyim Asy'ari, Kakek Presiden Gus Dur, Ternyata Pernah Tolak Bintang Jasa dari Pihak ini.....

Minggu, 19 Februari 2023 - 12:09 WIB

tvOnenews - Nama Kiai Haji Muhammad Hasyim Asy’ari atau KH Hasyim Asy’ari memang tidak pernah berhenti dielu-elukan sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya yang beragama Islam.

Diketahui KH Hasyim Asy’ari merupakan seorang pendiri organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU) yang juga sekaligus menjadi pejuang dakwah Islam sejak era penjajahan Belanda. Dilansir dari laman NU Online, KH Hasyim Asy’ari lahir pada 14 Februari 1871 atau 24 Zulkaidah 1287 Hijriah.

KH Hasyim Asy’ari lahir dari pasangan Kiai Asy’ari dan Nyai Halimah dan merupakan anak ketiga dari 11 bersaudara. Diketahui KH Hasyim Asy’ari merupakan sosok yang memiliki ilmu pengetahuan tinggi dan pemikir ulung.

KH Hasyim Asy’ari pernah merantau ke berbagai pesantren

Diketahui memiliki kedalaman pemikiran, KH Hasyim Asy’ari bukanlah sosok yang sembarangan. Dirinya dikabarkan pernah merantau ke berbagai pesantren di Indonesia sejak usia 15 tahun.

Tokoh agama yang juga kerap disapa dengan nama ‘Mbah Hasyim” ini bahkan pernah menjadi santri di Pesantren Wonorejo Jombang, Pesantren Langitan Tuban, hingga Pesantren Trenggilis Surabaya.

Bahkan pada tahun 1892 diketahui KH Hasyim Asy’ari pernah memutuskan belajar di Mekah. Dari keberangkatannya ini KH Hasyim Asy’ari akhirnya bertemu dengan sejumlah ulama besar, seperti Syekh Mahfudz bin Abdullah At-Termasy, hingga Syekh Nawawa Al-Bantani.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:59
01:48
06:43
06:09
02:32
04:51
Viral