Ilustrasi cokelat hitam..
Sumber :
  • Antara

Cokelat Hitam Memiliki Khasiat untuk Membantu Turunkan Berat Badan dan Mencegah Penuaan Dini

Senin, 3 Juli 2023 - 23:30 WIB

tvOnenews.com - Cokelat hitam memiliki khasiat untuk membantu menurunkan berat badan dan mencegah penuaan dini jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Hal ini diungkapkan oleh Dokter gizi dr. Elfina Rachmi, M.Gizi, SpGK.

Cokelat selama ini dianggap sebagai makanan yang bisa memicu berat badan naik, kata Elfina, lulusan pendidikan dokter spesialis gizi klinik Universitas Indonesia yang berpraktik di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan.

"Padahal jika dikonsumsi dalam porsi secukupnya, yaitu 30 sampai 50 gram per hari, cokelat hitam bisa membantu menurunkan berat badan," kata Elfina dalam siaran pers diterima di Jakarta, Senin.

Elfina menjelaskan cokelat mampu meningkatkan sensitivitas hormon leptin, yang memicu rasa kenyang, dan mengurangi hormon gherlin, yang bisa mengurangi rasa lapar.

Tidak hanya untuk menurunkan berat badan, cokelat bisa membantu mencegah penuaan dini karena memiliki kandungan flavonoid dan antioksidan alami untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh.

"Hal ini dapat membantu memperlancar sirkulasi darah ke otak hingga mencegah demensia dan penuaan dini,” kata Elfina.

Kandungan cokelat belakangan ini juga sering ditemukan pada masker wajah. Masker berbasis bubuk cokelat dapat dimanfaatkan sebagai pencerah kulit yang menggelap akibat paparan sinar matahari.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral