Pembeli menikmati cilok dan lumpia bandeng disebuah kedai bandeng di jl. Ahmad Yani, Pati, Jawa Tengah, Minggu (21/11/2021).
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Inovasi Olahan Ikan Bandeng Menjadi Cilok dan Lumpia yang Nikmat

Minggu, 21 November 2021 - 15:53 WIB

Pati, Jawa Tengah - Jika biasanya kuliner cilok terbuat dari daging dan lumpia disajikan dengan rebung, di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, kedua camilan tersebut ditawarkan dengan konsep yang berbeda, yakni terbuat dari olahan ikan bandeng.

Ikan bandeng yang melimpah di daerah Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, yang terkenal sebagai sentra penghasil ikan bandeng, menginspirasi Hana Tri Wahyuni, warga Desa Dukutalit, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, membuat inovasi kuliner olahan ikan bandeng.

Jika biasanya ikan bandeng digoreng, dibakar atau dipresto sebagai lauk untuk makan, di tangan Hana Tri Wahyuni, ikan bandeng diolah dengan cara yang berbeda, yakni menjadi kudapan atau camilan cilok dan lumpia yang cocok dinikmati saat musim penghujan.

“Karena di Juwana pati ini kan banyak bahan baku ikan bandeng, jadi saat ini kita berinovasi membuat suatu camilan berbahan bandeng. Yang pertama adalah, cilok yang ada campurannya bandeng," ujar Hana Tri Wahyuni, Minggu (21/11/2021).

"Jadi disamping bisa dikonsumsi yang menyehatkan juga ada kandungan proteinnya. Yang kedua, kita juga berinovasi membuat camilan lumpia yang biasanya di dalamnya ada rebungnya, tapi kita bikin lumpia ini di dalamnya ada sayuran dan ikan bandeng,” lanjut Hana.

Proses pembuatannya, terlebih dahulu ikan bandeng yang sudah dihilangkan durinya diambil dagingnya dengan cara dikerok memakai sendok.

Setelah daging bandeng diambil kemudian dicampur dengan adonan cilok yang terdiri dari tepung terigu, telur serta bumbu rempah lainnya. Adonan ini diaduk hingga merata, hingga bisa dibentuk menjadi bulatan seperti telur.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral