Xiaomi Berencana Bangun Pabrik Kendaraan Listrik.
Sumber :
  • Internet

Xiaomi Berencana Bangun Pabrik Kendaraan Listrik

Minggu, 28 November 2021 - 12:29 WIB

Jakarta - Dilansir dari Reuters, raksasa ponsel pintar China Xiaomi Corp berencana membangun pabrik yang dapat memproduksi 300.000 kendaraan listrik per tahun di Beijing. Rencana ini akan menjadi salah satu bukti Xiaomi siap menantang Tesla, Inc yang selama ini merajai pasar kendaraan listrik.

CEO Perusahaan Xiaomi, Lee Jun, mengungkapkan pada Oktober lalu bahwa dirinya berharap perusahaan dapat memproduksi kendaraan listrik secara massal pada 2024 dan pabrik yang baru dapat membantu tujuan tersebut.

Badan pembangunan ekonomi yang dikunjungi pemerintah Beijing E-Town dalam akun WeChat mengatakan, pabrik tersebut akan dibangun dalam dua fase. Xiaomi juga akan membangun kantor pusat unit mobil, kantor penjualan dan penelitian di Zona Pengembangan Ekonomi dan Teknologi Beijing.

Xiaomi mengatakan pada Maret, bahwa mereka akan berkomitmen menginvestasikan 10 miliar dolar Amerika Serikat (AS) untuk divisi mobil listrik baru selama 10 tahun ke depan. Perusahaan telah menyelesaikan pendaftaran bisnis unit EV-nya pada akhir Agustus lalu, seperti dilansir Neowin (28/11/2021).

Dengan divisi EV-nya tersebut, Xiaomi akan bersaing dengan perusahaan seperti Nio dan Xpeng. Bisnis mobil listrik sendiri sudah mendapatkan dukungan dari Beijing selama beberapa tahun terakhir. Bisnis ini membantu industri mobil listrik terus tumbuh di China. Hal ini membuat China menjadi satu pasar mobil listrik dengan pertumbuhan yang tinggi.

Firma riset pasar Canalys memperkirakan 1,9 juta kendaraan listrik akan dijual di Cina tahun ini atau tumbuh 51% dibandingkan 2020 (year on year/yoy).(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral