Dennis Guido, Food Technologist.
Sumber :
  • Antara

Awas, Tinggi Kandungan Gula Tersembunyi di Minuman Kemasan Viral Di TikTok!

Jumat, 8 Desember 2023 - 11:53 WIB

tvOnenews.com - Berangkat dari permasalahan mengkonsumsi gula berlebihan memberikan dampak buruk pada tubuh. Setiap orang berusaha untuk menghindari makanan yang manis dan mengandung gula tinggi. Ada kalanya kesehatan tubuh kerap kali membutuhkan minuman ataupun makanan tinggi serat. Minuman Fiber kerap diandalkan untuk diet, karena Fiber salah satu nutrisi penting untuk menunjang proses pencernaan dan metabolisme tubuh

Perubahan pola konsumsi pangan di Indonesia menyebabkan berkurangnya konsumsi sayuran dan buah-buahan hampir di Indonesia menjadikan pentingnya serat pangan dalam pola konsumsi makanan di Indonesia menjadi meningkat. Oleh karena itu Dennis Guido atau kerap dengan sapaan Dennis, salah satu Food Technologist di Indonesia dan juga merupakan Content Creator seputar informasi tentang teknologi pangan melakukan penelitian terhadap deretan minuman tinggi serat akan kandungan serat yang terdapat di label kemasan.

Iming-iming praktis, mudah, dan sehat terlihat sangat menggoda ternyata Indonesia darurat mengkonsumsi serat! Berdasarkan data dari RisKesDas tahun 2018, 95,5% orang diatas umur 5 tahun kurang mengkonsumsi serat dari buah-buah serta sayur. Hal tersebut menjadikan potensi bisnis minuman Fiber menjajaki Industri Minuman Indonesia. 

Berdasarkan hasil uraian Uji Lab Dennis, beberapa produk yang mengandung serat yang sesuai dengan yang ada di label kemasan. Hal tersebut mengisyaratkan lampu hijau kepada masyarakat bahwa deretan produk tersebut memiliki kadar gula dan serat yang sesuai dengan label di kemasan. 

Diantaranya, produk minuman fiber dengan extract sayur dan mixberry dan produk fiber drink rasa apple mint yang memiliki kandungan gula dan serat yang sesuai lalu produk minuman serbuk dengan aneka rasa yang ternyata memiliki kandungan serat lebih tinggi 49% sebanyak 4,47 gram dan gula yang sesuai.

Mirisnya ditemukan beberapa produk yang klaim 0 gram gula sedangkan hasilnya menunjukan bahwa produk tersebut mengandung gula. Tak tanggung tanggung bahkan ada yang gulanya 5 gram dan ada yang gulanya 9 gram berdasarkan hasil uji lab tersebut. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
23:20
01:42
10:39
02:06
01:02
00:50
Viral