Menu Pecak Kalkun di Desa Undaan Kudus.
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Kuliner Pecak Kalkun Sambal Santan, Lezat dan Kaya Manfaat

Sabtu, 11 Desember 2021 - 12:57 WIB

Kudus, Jawa Tengah - Anda penyuka kuliner sambal? Nah, di Kudus Jawa Tengah ada menu kuliner unik yakni pecak kalkun. Daging kalkun goreng empuk dipadu dengan sambal pecak atau sambal yang dicampur santan. Apalagi disantapnya di kedai yang sarat nuansa tempo dulu, sungguh mengasyikkan.

 

Nah, bagi pecinta masakan pedas,  tak ada salahnya mencicipi kulner unik yang satu ini. Namanya pecak kalkun. Yakni daging kalkun goreng yang dipadu dengan sambal yang dicampur santan, rasanya begitu menggugah selera. Adalah Awan Binuko, warga Desa Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah yang memanfaatkan unggas jenis kalkun yang banyak dijumpai di desanya untuk dijadikan bahan menu kuliner unik ini. Desa Undaan yang dikenal dengan kampung kalkun memang banyak terdapat peternak kalkun, Awan lantas memiliki ide untuk membuat menu kuliner pedas yang lain dari biasanya. Alhasil, banyak pelanggan baik dari Kudus maupun luar kota yang datang untuk mencoba kuliner yang satu ini.

Sang pemilik kedai menuturkan, kuliner pecak kalkun sengaja dipilih agar bisa memanfaatkan unggas yang banyak di jumpai di desanya yang dikenal dengan kampung kalkun. Selain itu, daging kalkun juga diyakini memiliki bermacam manfaat bagi tubuh di antaranya tinggi protein, menurunkan kolesterol, meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh, serta baik untuk penderita diabetes.

Untuk proses memasaknya juga cukup sederhana, daging kalkun yang sudah dipotong kecil lalu digoreng hingga matang. Selanjutnya disiapkan sambal yang sudah ditambahkan potongan jeruk nipis lalu dicampur dengan santan kelapa. Lalu, daging kalkun goreng tersebut dicampur dengan sambal santan dan kemudian dilumatkan hingga merata menggunakan cobek. Pecak kalkun siap dihidangkan.

“Ya, karena di sini banyak peternak kalkun jadinya saya buat kuliner pecak kalkun ini, bahannya mudah didapat dan ternyata dagingnya banyak manfaat. Pelanggan pun cocok dan banyak juga dari luar kota” ungkap Awan Binuko.

Salah satu penikmat kuliner pecak kalkun mengatakan, ia sengaja mencoba mencicipi pecak kalkun karena penasaran.

“Ternyata daging kalkun yang memiliki serat tebal bisa dimasak jadi empuk, apalagi sambalnya yang berbeda yakni dicampur dengan santan sehingga menimbulkan cita rasa tersendiri,” tutur Anggara, warga Kudus.

Selain rasa pecak kalkun yang lezat, penyajiannya juga unik. Yakni menggunakan tampah atau tambir beralaskan daun pisang sehingga aroma masakan menjadi lebih sedap. Apalagi, menyantapnya di kedai yang didekorasi sarat nuansa tempo dulu lengkap dengan meja kursi kayu dan ornamen kuno lainnya, sungguh mengasikkan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
Viral