Sururi Merawat Bonsai Kelapa Kopyor di Rumahnya, di Desa Ngagel, Pati, Jawa Tengah.
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Unik! Bonsai Kelapa Kopyor ini Bernilai Jual Tinggi

Jumat, 17 Desember 2021 - 12:31 WIB

Pati, Jawa Tengah - Sururi, Warga Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah menekuni seni bonsai dari bibit pohon kelapa kopyor. Hal tersebut dilakukan untuk mengisi waktu semasa pandemi Covid-19. Tidak sangka bonsai miliknya bernilai jual tinggi.

Sejak sebelum merebaknya wabah pandemi Covid-19, Sururi sudah menekuni pembuatan bonsai kelapa kopyor ini. Adanya anjuran dari pemerintah untuk tetap tinggal di rumah justru membuatnya semakin kreatif dan semakin membuatnya semangat mengkreasi bibit kelapa kopyor.

 

“Kebetulan waktu ramai-ramainya wabah Corona saya banyak aktifitas di rumah mengikuti
anjuran pemerintah. Untuk mengisi waktu luang, saya membuat aneka kreasi bonsai kelapa kopyor,” ujar Sururi, Jumat (17/12/2021).

Banyaknya bibit kelapa kopyor di sekitar daerah tempat tinggalnya membuatnya mencoba untuk melakukan pengkerdilan kelapa kopyor. Selain dibutuhkan niat dan tekad, juga membutuhkan ketelatenan dan kesabaran untuk membuat bonsai kelapa kopyor ini. Prosesnya terlihat sederhana, namun jika tidak telaten maka bonsai pun tidak akan jadi.

Dibutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk proses awal tanam dengan media tanah. Proses selanjutnya bibit kelapa kopyor dipindah dengan menggunakan media air, juga selama dua minggu.

 

“Prosesnya dari tanah dulu dua minggu, terus pindah ke air dua minggu. Agar menjadi bonsai kelapa kopyor yang sempurna atau jadi dibutuhkan waktu sekitar tiga bulan,”tambahnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:10
17:29
03:50
01:56
06:42
02:19
Viral