Sarwi Memilih Kayu untuk Dijadikan Bahan Meubel.
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Keren! Seorang Penyandang Disabilitas di Pati Sukses Menjadi Pengusaha Meubel

Selasa, 21 Desember 2021 - 11:19 WIB

Pati, Jawa Tengah - Punya kekurangan fisik atau penyandang disabilitas tidak selalu harus membuat rendah diri seseorang. Jika berlapang dada dan ikhlas menjalani justru menjadikan kekurangan sebagai penyemangat hidup.

Seperti yang dilakukan oleh Sarwi, penyandang disabilitas di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, berkat ketekunan dan kreatif dalam menjalani usaha, kini sukses menjadi seorang pengusaha meubel. Hebatnya lagi, di tengah Pandemi Covid-19 yang berdampak banyak UMKM yang gulung tikar, usahanya tetap bertahan. Sebagai penyandang disabilitas dan memiliki kekurangan fisik tak membuat Sarwi berpangku tangan apalagi putus asa. Dengan segala keterbatasannya, difabel kreatif di Pati ini mampu hidup mandiri.

 

Berkat keuletannya, warga Desa Sumbermulyo, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah ini merintis usaha
meubeler. Ketika beraktivitas, dia mengandalkan kursi roda. Meski begitu, dia tetap berlapang dada dan ikhlas menjalani segala kondisinya.


Dan berkat kepercayaan dirinya, kini dia mampu menjadi difabel kreatif di Pati yaitu sebagai seorang pengusaha meubel. Bahkan peminatnya pun tak hanya dari Kabupaten Pati saja, namun banyak yang dari luar kota. Meski harus mengenakan kursi roda, namun, terlihat tak menganggu aktivitasnya. Sarwi tetap cekatan saat harus mengangkat kayu dan menggergaji sesuai pola yang akan dikerjakan.


Sarwi tak kalah terampil dari tukang kayu lainnya. Hampir semua pengerjaan bisa dilakukannya sendiri. Mulai dari membuat bahan mentah, melakukan pengecatan hingga memasang rak pada lemari. Saat ini, dia telah mempekerjakan dua orang karyawan.

Sarwi mengaku awalnya tidak mudah dalam merintis usaha meubelnya, namun lama-lama hal tersebut menjadi penyemangat baginya karena semua ini dilakukan sebagai usaha untuk menghidupi istri dan satu anaknya. Sarwi memulai usaha meubel ini sejak tahun 2000 lalu. Kini, sudah dua puluh satu tahun usaha meubel ini digelutinya.

 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:01
01:35
03:35
03:51
02:43
03:42
Viral